Iwan Fals Targetkan Konser Nyanyian Raya Pecahkan 2 Rekor Dunia

Kompas.com - 27/06/2014, 18:10 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi legendaris Iwan Fals mengatakan bahwa selain untuk merayakan kedatangan pemimpin baru di Indonesia, tujuan lain dari acara konser "Nyanyian Raya" adalah untuk memecahkan dua rekor dunia.

Kedua rekor dunia tersebut adalah konser dengan penonton terbanyak dan menyanyikan lagu kebangsaan dengan jumlah peserta terbanyak. Iwan berharap konser tersebut dapat mendatangkan sekitar 4 juta penonton.

Iwan menjelaskan rekor menyanyikan lagu kebangsaan dengan jumlah peserta terbanyak untuk saat ini masih dipegang India dengan jumlah peserta 500.000 orang. Sedangkan rekor konser dengan jumlah penonton terbanyak terjadi pada konser Metallica di Moskwa, Rusia.

"Di India kan 500.000 orang, mudah-mudahan kita bisa ngumpulin 4 juta orang. Biar rekor nyanyi lagu kebangsaan pecah. Terus soal jumlah penonton juga. Konser Metallica di Moskwa kan cuma 1,5 juta orang," katanya, di Balaikota Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Tak hanya itu, tujuan lain dari konser Nyanyian Raya adalah kampanye lingkungan tentang arti penting menjaga kelestarian tanaman dan kebersihan lingkungan.

"Soal kecerdasan lingkungan bagaimana kita sayang sama pohon, enggak nyampah, yang seperti kan perlu kita sampaikan. Tidak bisa diam saja," jelas musisi yang bernama lengkap Virgiawan Listanto itu.

Konser Nyanyian Raya rencananya diadakan di Monas. Tak hanya itu, demi dapat menyedot animo warga, rencananya sepanjang jalan Thamrin dan Sudirman akan ditutup bagi kendaraan bermotor.

"Harapannya di Monas, izinnya masih diproses. Tadi nanya Pak Ahok bisa enggak. Kayaknya setelah 9 Juli baru diputuskan, karena kan dikaji dulu layak apa enggak. Kalau dari Pak Ahoknya sih dia senang banget," imbuh Iwan.

"Pak Ahok sih setuju. Tapi Pak Jokowi balik apa enggak, kan belum tahu," tukas CEO Net TV Wishutama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.