Iwan Fals Pilih Netral agar Fansnya Tak Malas Berpikir

Kompas.com - 27/06/2014, 18:29 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi legendaris Iwan Fals menegaskan bahwa ia akan bersikap netral selama kampanye pemilihan presiden tahun ini. Ia lebih memilih untuk tidak mendeklarasikan diri mendukung salah satu calon presiden, baik ke Prabowo Subianto ataupun Joko Widodo.

Menurut Iwan, sikapnya tersebut dilakukan untuk menghormati fansnya, OI, yang diyakininya punya hak untuk memilih calon berdasarkan hati nurani masing-masing.

"Saya tidak mau mempengaruhi proses demokrasi teman-teman, terutama yang dengar lagu-lagu saya. Kan sayang kalau saya nunjuk Si A Si B," ujarnya, di Balaikota Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Tak hanya itu, Iwan menyatakan dia ingin para OI tidak malas berpikir. Ia yakin dengan sikap netralnya itu, para OI akan dapat meneliti sendiri capres mana yang akan ia pilih.

"Kalau saya nunjuk Si A atau Si B, nanti orang malas mikir. Kalau saya netral kan paling enggak nanti mereka berpikir dan meneliti calonnya masing-masing. Itu lebih sehat buat saya," kata musisi bernama lengkap Virgiawan Listanto itu.

Meskipun demikian, Iwan mengatakan bahwa ia akan menggunakan hak pilihnya pada 9 Juli mendatang. Ia pun mengaku sudah menentukan pilihannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.