Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals Pilih Netral agar Fansnya Tak Malas Berpikir

Kompas.com - 27/06/2014, 18:29 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi legendaris Iwan Fals menegaskan bahwa ia akan bersikap netral selama kampanye pemilihan presiden tahun ini. Ia lebih memilih untuk tidak mendeklarasikan diri mendukung salah satu calon presiden, baik ke Prabowo Subianto ataupun Joko Widodo.

Menurut Iwan, sikapnya tersebut dilakukan untuk menghormati fansnya, OI, yang diyakininya punya hak untuk memilih calon berdasarkan hati nurani masing-masing.

"Saya tidak mau mempengaruhi proses demokrasi teman-teman, terutama yang dengar lagu-lagu saya. Kan sayang kalau saya nunjuk Si A Si B," ujarnya, di Balaikota Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Tak hanya itu, Iwan menyatakan dia ingin para OI tidak malas berpikir. Ia yakin dengan sikap netralnya itu, para OI akan dapat meneliti sendiri capres mana yang akan ia pilih.

"Kalau saya nunjuk Si A atau Si B, nanti orang malas mikir. Kalau saya netral kan paling enggak nanti mereka berpikir dan meneliti calonnya masing-masing. Itu lebih sehat buat saya," kata musisi bernama lengkap Virgiawan Listanto itu.

Meskipun demikian, Iwan mengatakan bahwa ia akan menggunakan hak pilihnya pada 9 Juli mendatang. Ia pun mengaku sudah menentukan pilihannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com