Di "Nyanyian Raya", Iwan Fals Ingin Nyanyikan "Indonesia Raya" Tiga Stanza

Kompas.com - 27/06/2014, 18:48 WIB
Iwan Fals KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAIwan Fals
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi legendaris Iwan Fals mengatakan ia ingin menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dalam tiga stanza dalam konser "Nyanyian Raya" yang digelarnya beberapa bulan mendatang.

"Kita mau menyanyikan yang tiga stanza. Selama ini kan kita cuma menyanyikan yang satu stanza," katanya, di Balaikota Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Sebagai pencipta lagu, Iwan mengaku sedih karena selama ini lagu Indonesia Raya dinyanyikan dalam satu stanza. Seharusnya, kata dia, lagu ciptaan WR Soepratman itu dapat dinyanyikan utuh karena di dalamnya mengandung lirik Indonesia tanah yang suci, tanah yang mulia, dan tanah yang bahagia.

"Tanah yang mulia, tanah yang bahagia. Selama ini kan cuma tumpah darah terus," ujar pria yang memiliki nama lengkap Virgiawan Listanto itu.

Konser "Nyanyian Raya" rencananya diadakan di Monas pada 1 November 2014, atau 10 hari setelah pelantikan presiden pada 21 Oktober. Demi dapat menyedot animo warga, rencananya sepanjang jalan Thamrin dan Sudirman akan ditutup untuk kendaraan bermotor.

Iwan Fals mengatakan bahwa selain untuk merayakan kedatangan pemimpin baru di Indonesia, konser "Nyanyian Raya" adalah untuk memecahkan dua rekor dunia, yaitu konser dengan penonton terbanyak dan menyanyikan lagu kebangsaan dengan jumlah peserta terbanyak. Iwan berharap konser tersebut dapat mendatangkan sekitar 4 juta penonton.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X