Jokowi-JK Memimpin Hasil "Polling" Bikinan Iwan Fals di Facebook

Kompas.com - 08/07/2014, 18:30 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, Rabu, 9 Juli 2014, artis musik kenamaan Iwan Fals (52)—yang tetap tak mengumumkan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan dipilihnya—membuat polling pada laman fan page Facebook miliknya, Selasa (8/7/2014).

"Selamat sore. Sudah siap nyoblos besok? Iseng-iseng kita latihan dulu disini pake jempol (like). Caranya, setelah ini saya akan post 2 status tentang pilihan calon presiden, like di status sesuai dengan pilihan kalian. Mulai ya!," tulis Iwan.

Setelah itu, Iwan menulis dua status sekaligus. Status yang pertama berkait dengan pasangan nomor urut 1, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

"Jika pilih capres nomor urut 1 silakan like status ini," tulis Iwan lagi.

Status yang kedua mengenai pasangan nomor urut 2, capres Joko Widodo atau Jokowi dan cawapres Muhammad Jusuf Kalla atau JK.

"Jika pilih capres nomor urut 2 silakan like status ini," tulis Iwan pula.

Sejak diluncurkan oleh Iwan pada pukul 16.30 WIB, kedua status itu mulai mendapat like dari para pendukung masing-masing pasangan capres-cawapres. Hasilnya, pada pukul 17.00 WIB, hasil polling Iwan menunjukkan bahwa Jokowi-JK memimpin dengan perolehan 61.068 likes, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta berada di bawah mereka dengan 48.275 likes.

Pada masing-masing status, beberapa pengguna Facebook meragukan polling itu benar-benar bikinan Iwan atau bukan. 

"Boongan nih, gak mungkin seorang iwan fals bikin status kya gini," kata seorang bernama Ridhuan menanggapi status Iwan soal capres-cawapres nomor urut 2.

Pada akun fan page yang terverifikasi dan memiliki jumlah penggemar 5,9 juta pengguna Facebook tersebut, Iwan memang tak banyak berkomentar. Namun, pada akun Twitter-nya, @iwanfals, penyanyi lagu "Manusia Setengah Dewa" itu memastikan bahwa polling  itu benar dibuat olehnya.

"Nggak sy nggak gamang, cuma mau survei aja, sama gak hasilnya seperti lainnya. Ok tks, 1 apa 2," kicau Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.