Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-JK Memimpin Hasil "Polling" Bikinan Iwan Fals di Facebook

Kompas.com - 08/07/2014, 18:30 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, Rabu, 9 Juli 2014, artis musik kenamaan Iwan Fals (52)—yang tetap tak mengumumkan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan dipilihnya—membuat polling pada laman fan page Facebook miliknya, Selasa (8/7/2014).

"Selamat sore. Sudah siap nyoblos besok? Iseng-iseng kita latihan dulu disini pake jempol (like). Caranya, setelah ini saya akan post 2 status tentang pilihan calon presiden, like di status sesuai dengan pilihan kalian. Mulai ya!," tulis Iwan.

Setelah itu, Iwan menulis dua status sekaligus. Status yang pertama berkait dengan pasangan nomor urut 1, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

"Jika pilih capres nomor urut 1 silakan like status ini," tulis Iwan lagi.

Status yang kedua mengenai pasangan nomor urut 2, capres Joko Widodo atau Jokowi dan cawapres Muhammad Jusuf Kalla atau JK.

"Jika pilih capres nomor urut 2 silakan like status ini," tulis Iwan pula.

Sejak diluncurkan oleh Iwan pada pukul 16.30 WIB, kedua status itu mulai mendapat like dari para pendukung masing-masing pasangan capres-cawapres. Hasilnya, pada pukul 17.00 WIB, hasil polling Iwan menunjukkan bahwa Jokowi-JK memimpin dengan perolehan 61.068 likes, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta berada di bawah mereka dengan 48.275 likes.

Pada masing-masing status, beberapa pengguna Facebook meragukan polling itu benar-benar bikinan Iwan atau bukan. 

"Boongan nih, gak mungkin seorang iwan fals bikin status kya gini," kata seorang bernama Ridhuan menanggapi status Iwan soal capres-cawapres nomor urut 2.

Pada akun fan page yang terverifikasi dan memiliki jumlah penggemar 5,9 juta pengguna Facebook tersebut, Iwan memang tak banyak berkomentar. Namun, pada akun Twitter-nya, @iwanfals, penyanyi lagu "Manusia Setengah Dewa" itu memastikan bahwa polling  itu benar dibuat olehnya.

"Nggak sy nggak gamang, cuma mau survei aja, sama gak hasilnya seperti lainnya. Ok tks, 1 apa 2," kicau Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com