Iwan Fals: Masyarakat Belajar Demokrasi, Belajar Beda

Kompas.com - 09/07/2014, 15:42 WIB
Artis musik kenamaan Virgiawan Listanto (52) alias Iwan Fals, menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2014-2015 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Desa Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/7/2014) pada pukul 11.54 WIB. Kompas.com-Irfan MaulanaArtis musik kenamaan Virgiawan Listanto (52) alias Iwan Fals, menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2014-2015 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Desa Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/7/2014) pada pukul 11.54 WIB.
|
EditorAris F. Harvenda
DEPOK, KOMPAS.com — Vokalis Iwan Fals mengaku cukup lega seusai menggunakan hak suara dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Menurut Iwan, pilpres kali ini memberi pelajaran berarti untuk masyarakat Indonesia.

"Alhamdulillah, artinya kita semua belajar demokrasi, belajar untuk beda," kata Iwan seusai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Desa Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/7/2014).

Iwan juga mengucap syukur bahwa hari ini selesai dengan baik dan diharapkan ke depan Indonesia harus lebih siap lagi untuk menerima perbedaan. "Tinggal elitenya saja siap apa enggak kan (menerima perbedaan)," lanjut Iwan.

Secara pribadi, Iwan tetap merahasiakan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pilihannya. Ia berusaha tetap netral tanpa memihak kubu capres-cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla ataupun pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Posisi saya kan netral, enggak ke mana-mana. Hari ini justru saya baru milih. Justru orang, 'Bang Iwan satu dong, dua dong'. Masing-masing berantem di saya, 'Gimana sih, gini-gini'," tutur Iwan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.