Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robin Williams Bolak-balik Direhab

Kompas.com - 12/08/2014, 11:32 WIB
Irfan Maullana

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Artis peran, pengisi suara, sekaligus stand up comedian dari AS, Robin Williams (63), yang tutup usia di kediamannya di California, AS, pada 11 Agustus 2014 siang waktu setempat dengan dugaan bunuh diri, diberitakan oleh The Huffington Post (HuffPost) bahwa ia semasa hidupnya telah masuk-keluar pusat rehabilitasi untuk menyembuhkan ketergantungannya terhadap kokain dan minuman beralkohol.

Williams disebut telah berjuang melawan kecanduan zat-zat tersebut sejak 1980-an. Ia pernah mengaku mengalami ketergantungan pada kokain dan minuman beralkohol serta masuk pusat rehabilitasi pada 2006.

Khusus untuk melawan kecanduannya pada minuman beralkohol, Williams telah menjalani terapi selama 20 tahun. Dalam sebuah acara bincang-bincang di layar kaca ABC bersama pembawa acara Diane Sawyer, Williams pernah mengatakan tak mau lagi kembali menjadi pencandu.

"Sangat bertahap," kata Williams ketika itu, mengenai terapi yang dijalaninya.

Komitmen Williams untuk terbebas dari ketergantungan kokain dan minuman beralkohol juga disampaikan oleh juru bicaranya pada 1 Juli 2014.

"Setelah bekerja kembali dalam sebuah proyek (film), Robin mengambil kesempatan untuk menuntaskannya (rehabilitasi) dan fokus pada komitmen yang terus-menerus, yang membuatnya sangat bangga," ujar sang juru bicara kepada HuffPost.

Mengutip TMZ, HuffPost memberitakan, Williams pernah menjalani rehabilitasi di Hazelden Addiction Treatment Center, Minnesota, AS. Ketika itu, Williams dijadwalkan akan keluar dari rumah sakit tersebut dalam beberapa minggu kemudian.

"Ini (ketergantungan) bukan disebabkan oleh apa pun, melainkan karena saya ingin di sini saja," tutur Williams dalam wawancara pada 2006.

"Ini hanya menunggu saja. Berbaring sambil berpikir, 'Sekarang kondisinya lebih baik, saya baik-baik saja'. Kemudian, hal berikutnya yang patut Anda ketahui, ternyata kondisi ini tidak baik. Lalu Anda akan mengatakan, 'Di manakah saya? Saya tak menyangka pernah berada di Cleveland (AS)'," tutur Williams lagi.

Williams pun pernah berkomitmen untuk bisa menangani sendiri ketergantungannya.

"Nyatanya, Anda tidak bisa. Ini inti permasalahannya," sambung Williams.

"Anda berpikir bisa melakukannya sendiri, kemudian Anda akan mengatakan, 'Saya membutuhkan bantuan, dan itulah kalimatnya... Memang sulit mengakuinya. Namun setelah Anda melakukannya, sebenarnya itu mudah," lanjut Williams, yang ketika itu sedang sibuk dengan shooting film Night at the Museum: Secret of the Tomb, yang dijadwalkan akan dirilis pada akhir 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com