Armand Maulana-Thomas Ramdhan: Tujuh Belasan, Dibayar Nasi Kotak

Kompas.com - 19/08/2014, 15:09 WIB
GIGI (dari kiri ke kanan): Armand Maulana (vokal), I Dewa Gede Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Erhandy atau Hendy (drum) KOMPAS.com/ATI KAMILGIGI (dari kiri ke kanan): Armand Maulana (vokal), I Dewa Gede Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Erhandy atau Hendy (drum)
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum terkenal sebagaimana sekarang, dua dari empat personel band GIGI, yaitu Armand Maulana (vokal) dan Thomas Ramdhan (bas), masing-masing pernah manggung dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia alias tujuh belasan. Armand dan Thomas, yang sama-sama lahir di Bandung, Jawa Barat, dan sempat lama menetap di kota itu, mengaku pernah dibayar dengan nasi dan lauk-pauknya dalam kemasan kotak karton saja untuk manggung di tingkat RT atau RW.

"Ada yang dibayar (dengan uang seadanya). Ada juga yang cuma dikasih nasi kotak," kenang Armand sebelum tampil dalam acara Silaturahim Idul Fitri 1435 Hijriah Karyawan Kompas Gramedia di Bentara Budaya Jakarta baru-baru ini.

"Kalau gue sama Armand rada sama pengalamannya. Di Bandung, perayaan pas waktu itu rasanya bener-bener sakral. RT dan RW waktu itu ada acara, 'Sumbangannya apa nih?' 'Paling manggung'," cerita Thomas.

Armand dan Thomas, masing-masing, juga pernah tampil dalam perayaan tujuh belasan di Lapangan Suryalaya, Bandung. Di panggung perayaan tersebut, Armand merasa beruntung bisa sepanggung dengan beberapa artis musik yang ketika itu sudah menasional.

"Kalau di Bandung kan selalu ada acara tujuh belasan di Suryalaya dan itu memang kami yang mau (manggung). Soalnya, yang main gede-gede, ada Ruth Sahanaya, ada Harry Moekti, gede-gede ya," kata Armand.

"Kayak (konser) Woodstock deh," tambah Armand.

Namun, ada masanya mereka bisa mendapatkan pemasukan lumayan dari hasil tampil dalam  perayaan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tahun 1980 sampai 1990-an masa jaya-jayanya," kata Armand.

"Dulu gue bisa sehari tiga pertunjukan," timpal Thomas.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.