Sebuah Foto Langka Marilyn Monroe Terjual Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 22/09/2014, 10:55 WIB
Foto pertama Marilyn Monroe. ISTFoto pertama Marilyn Monroe.
EditorTri Wahono


KOMPAS.com — Sebuah negatif foto bintang film legendaris Marilyn Monroe dari pemotretan profesional pertamanya ketika dia berusia 20 tahun telah terjual di rumah lelang.

Foto langka itu diabadikan ketika Marilyn Monroe masih menggunakan nama aslinya, yaitu Norma Jeane Baker. Saat itu, ia masih berstatus sebagai pekerja pabrik yang ingin menjadi model.

Bersama negatif foto dan hak ciptanya, foto hitam-putih tersebut terjual 4.250 poundsterling atau sekitar Rp 84 juta (1 poundsterling setara Rp 19.655). Semula benda tersebut ditargetkan terjual antara 5.000 poundsterling dan 8.000 poundsterling.

Penanggung jawab proses pelelangan foto Marilyn Monroe, Andrew Aldridge, mengatakan, dirinya cukup gembira atas hasil lelang tersebut.

Aldridge, dari rumah lelang Henry Aldridge and Sons di Devizes, Wiltshire, Inggris, mengatakan, "Ini adalah barangyang sangat tidak biasa karena mencakup hak cipta, dan bukan sekadar menjual fisik barangnya."

Pabrik amunisi

Pada tahun 1946, Norma Jeane Baker, yang bekerja di sebuah pabrik amunisi, bertemu seorang fotografer kemiliteran yang mengatakan bahwa dia berbakat menjadi model.

Dia lantas mendekati agen model Hollywood, Blue Book, dan fotografer Joseph Jasgur, yang kemudian ketiganya terlibat proyek pemotretan profesional pertamanya.

Foto yang dilelang ini diabadikan di Pantai Zuma di Malibu, Amerika Serikat. 

Foto-foto Norma Jeane Baker yang diabadikan Jasgur menjadi terkenal dan membantu melambungkan nama perempuan itu kemudian dia berubah menjadi Marilyn Monroe.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X