JIM-FEST: Mencari Penerus Gugun Blues Shelter

Kompas.com - 28/09/2014, 23:05 WIB
Para personel grup Gugun Blues Shelter, John Armstrong alias Jono, Muhammad Gunawan atau Gugun, dan Aditya Wibowo alias Bowie (dari kiri ke kanan) berpose dalam acara peluncuran dua album terbaru mereka, yang masing-masing berjudul Satu untuk berbagi dan Solid Ground, di Rolling Stone Cafe, Jakarta, Kamis (22/12/2011). Album Solid Ground tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga di AS. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHIPara personel grup Gugun Blues Shelter, John Armstrong alias Jono, Muhammad Gunawan atau Gugun, dan Aditya Wibowo alias Bowie (dari kiri ke kanan) berpose dalam acara peluncuran dua album terbaru mereka, yang masing-masing berjudul Satu untuk berbagi dan Solid Ground, di Rolling Stone Cafe, Jakarta, Kamis (22/12/2011). Album Solid Ground tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga di AS.
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Suksesnya band-band indie, seperti Gugun Blues Shelter, duo Endah N Rhesa, hingga penyanyi reggae Tony Q Rastafara, agaknya telah menginspirasi Jakarta Indie Music Festival (JIM-FEST) untuk mencari bakat tersembunyi musisi indie lainnya yang ada di Ibu Kota. Pencarian bakat ini, diharapkan bisa digelar secara berkelanjutan.

"Kegiatan JIM-FEST merupakan prakarsa dari Disparbud sebagai dukungan pemerintah dalam mengembangkan potensi musik indie di Jakarta, kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya," kata Kepala Seksi Komunitas, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kepala, Rus Suharto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com di Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Rus berharap JIM-FEST bisa menjadi wadah mengembangkan bakat musisi indie. "Pada dasarnya seluruh lapisan kesenian perlu difasilitasi dan diberdayakan. Dalam hal ini, komunitas indie diberi kesempatan untuk berprestasi karena kami melihat ada usaha dari komunitas ini untuk membangkitkan ekonomi kreatif," kata Rus.

"Music gue, karya gue, untuk semua" orang adalah semangat musisi indie dalam berkarya. Istilah populer dikalangan pecinta music indie adalah "DIY" alias Do It Yourself.

DIY memang menjadi keunikan yang membedakan dengan musisi non-indie atau lebih dikenal sebagai musisi mainstream. Sebab musisi indie melakukan cipta lirlk, aransemen lagu, produksi album, bahkan distribusi penjualan album mereka lakukan secara mandiri untuk eksistensinya.

Jakarta sebagai kota metropolis yang terkenal sebagai titik temu bagi seni budaya nasional maupun internasional mulai dikenal sebagai kota musik indie selain Bandung, Jogja, maupun Surabaya sejak lama.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bermaksud memprakarsai kegiatan dengan tujuan memberikan wadah bagi kreativitas musisi indie di Indonesia, khususnya Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pendaftaran bagi para peserta yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan JIM-FEST cukup memberikan CD berisi minimal dua lagu karya original peserta, mengisi formulir pendaftaran, dan melampirkan profil band, musik peserta, serta link media sosial dan video YouTube yang berisi penampilan peserta yang mendaftar ke Gedung Gondangdia Lama, Lt. 5 unit #7, Jalan R.P. Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat.

Pendaftaran selambat-lambatnya 7 Oktober 2014. Proses seleksi dilaksanakan untuk memilih 20 Peserta Finalis yang berhak tampil pada pergelaran Konser JIM-FEST.

Tim Seleksi yang telah ditunjuk untuk perhelatan ini adalah para pelaku industri musik Indie di Indonesia yang sudah beberapa tahun ini memberikan andil yang cukup besar terhadap perkembangan musik indie, di antaranya adalah Puji Adi Andaya, David Karto, Sam alatas, dan Aldo Sianturi serta terdapat juga beberapa artis maupun media yang selama ini mendukung gerakan indie musik di Indonesia.

Pergelaran Konser Jakarta Indie Music Festival akan diselenggarkan pada 18-19 Oktober 2014, dan akan mengusung artis-artis ternama yang sudah mendulang sukses pada jalur indie, yaitu Gugun Blues Shelter, Tony Q Rastafara, Endah N Rhesa, dan banyak lagi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.