Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Ada Serbuan "Goyang Ujung" dari Korea!

Kompas.com - 03/10/2014, 09:51 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut dari Korea Selatan, Woojong Hwang (30) atau lebih dikenal dengan nama panggung Ricky Ujung, tak cuma ingin dikenal lewat dendang single "Mama Papa". Dia pun mengenalkan "goyang ujung", yang juga bernuansa Indonesia.

"Ada koreo saya yang spesial. Namanya 'Goyang Ujung'," kata Ricky dalam Bahasa Indonesia, saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Kamis (2/10/2014) siang.

Ricky mengatakan, Goyang Ujung yang diciptanya akan mudah dikenal oleh orang Indonesia. Alasannya, goyang yang juga ada dalam klip video Mama Papa yang dia unggah di YouTube, mengambil inspirasi dari pose patung-patung ternama di Indonesia.

"(Dari) Patung Senayan, Patung Pancoran (Patung Dirgantara) yang itu ciri khas Indonesia. Goyangannya (yang energik) ini cocok karena saya masih muda, masih bisa joged," kata Ricky tentang inspirasi goyangnya itu sembari memeragakan gerakan yang dia maksudkan.

Fenomena sosial

Ricky bertutur, single Mama Papa merupakan gambaran tentang fenomena sosial yang sekrang marak, tentang perempuan yang bisa bersikap lebih agresif dalam hubungan roman. Konsep yang dia usung untuk video klip itu adalah "gaya kampung" masuk ke kota besar.

"Bercerita tentang saya sebagai orang luar (kota) yang datang ke Seoul," kata Ricky. Inilah alasan dia mengenakan wig dengan model rambut yang tidak ala anak kota, setidaknya bukan gaya anak muda Seoul. 

"(Lalu) saya coba nyanyi dangdut sambil joget di mana-mana. Biar orang enggak ngerti liriknya, yang penting asyik-asyik," cerita Ricky. "Saya mau menghibur orang supaya mau dekat, karena joget dangdut tidak ada di Korea, mungkin cuma ada di Indonesia," imbuhnya.

Hasilnya, single dangdut "Mama Papa" lengkap dengan Goyang Ujung, telah menarik perhatian orang Korea. "Keluarga saya kaget, karena kan kalau di rumah saya tidak banyak bicara tapi pas manggung saya bisa 'gila'. Mereka bilang asyik, kocak lagunya, cuma mereka tidak mengerti liriknya karena belum ada versi Korea. Jadi harus ada subtitle-nya," kata Ricky.

Tawaran dangdut modifikasi dan goyang ujung pun menarik perhatian di Indonesia. Saat wawancara dengan Kompas TV, host acara Liviana Charlisa pun dibuat penasaran untuk menjajal goyang modifikasi itu.

"Coba ajari saya Goyang Ujung itu," kata Liviana saat berbincang dengan Ricky di Studio Kompas TV, Kamis petang. "Oke ikuti saya ya. One... two... three... Yang ini gaya Patung Senayan, yang ini gaya Patung Pancoran," kata Ricky bersemangat sambil memeragakan Goyang Ujung yang kemudian diikuti Liviana.

"Nah yang ini koreo baru. Tidak ada di video klip 'Mama Papa'. Di Indonesia saya suka makan gurame, jadi saya tambahin ada gerakan ikan gurame seperti ini di Goyang Ujung," imbuh Ricky sembari bergoyang aduhai dan sontak mengundang sorakan dan tawa gembira di studio itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com