Kenny G: Saksofon untuk Demonstran

Kompas.com - 23/10/2014, 19:21 WIB
Pemain saksofon Kenny G (kiri) menghadiri acara penganugerahan Walk of Fame untuk musisi dan penyanyi Kenneth RoidRanger / Shutterstock.com Pemain saksofon Kenny G (kiri) menghadiri acara penganugerahan Walk of Fame untuk musisi dan penyanyi Kenneth "Babyface" Edmonds di Hollywood, California, 10 Oktober 2013.
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain saksofon Kenny G ikut turun ke jalan memberikan dukungan kepada para demonstran pro demokrasi di Hongkong. ”Saya berharap semua tetap dalam keadaan damai dan mendapatkan solusi terbaik atas masalah ini,” tulis Kenny G dalam akun resminya di Twitter.

Pemilik nama asli Kenny Gorelick ini mengonfirmasi bahwa dia telah mengunjungi Hongkong setelah fotonya di tengah para demonstran muncul di Twitter. Karya-karya Kenny G sangat dikenal luas di Tiongkok meski negara ini masih setengah tertutup dengan hal-hal berbau asing. Bulan lalu, Kenny G empat kali menggelar konser di Tiongkok, termasuk di Beijing.

Demonstran telah selama satu bulan turun ke jalan di daerah bekas koloni Inggris ini untuk meminta penerapan demokrasi yang lebih luas. Hongkong yang semula di bawah kekuasaan Inggris dikembalikan kepada otoritas Tiongkok pada 1997.

Kemunculan Kenny G di tengah para demonstran mengundang reaksi Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Kemenlu Tiongkok menyatakan tidak puas dengan apa yang mereka sebut sebagai campur tangan asing dalam persoalan dalam negeri Tiongkok. Kemenlu Tiongkok tidak tahu detail soal kedatangan Kenny G bersama demonstran.

”Karya Kenny G memang sangat dikenal di Tiongkok. Namun, sikap Tiongkok terhadap demonstran sudah jelas. Kegiatan mereka ilegal,” kata juru bicara Kemenlu Tiongkok, Hua Chunying, seperti dikutip Reuters.

Hua berharap pemerintah dan warga asing berbicara dan bertindak hati-hati serta tidak mendukung aksi demonstrasi serta segala aktivitas ilegal lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Tiongkok menjadi tuan rumah konser penyanyi dunia, termasuk Kenny G, Rolling Stone, dan James Brown. (Lusiana Indriasari)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.