Ras Muhamad: Intelektual Tanpa Ganja

Kompas.com - 24/10/2014, 11:20 WIB
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Ras Muhamad menekankan bahwa penilaian miring mengenai musik reggae selalu identik dengan mariyuana atau ganja, saat ini sudah tak tepat lagi.

"Ganja is ganja, reggae is reggae. Kalau diskusi ganja kita kembali ke hukum, kalau soal reggae kita bicara soal musik," tekan Ras dalam wawancara usai program bincang-bincang musik K-akustik yang ditayangkan Kompas.com secara live streaming dari Studio Sinergi, Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/10/2014).

Menurut penyanyi single "Lion Roar" tersebut, sekarang ini musisi harus bisa membuktikan intelektualitas mereka dalam bermusik tanpa mengonsumsi ganja.

"Kalau kamu mau lebih intelektual tolong tunjukkan kamu bisa lebih sehat tanpa ganja," ujar Ras.

"Bob Marley (mendiang vokalis reggae dari Jamaika) buka-bukaan, dia mengonsumsi ganja karena buat inspirasi. Dia melakukannya dan tahu konsekuensinya, tapi show me more, karena kayaknya ganja cuma buat muasin diri," imbuh Ras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.