Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Ayu Laksmi Diputar di Rumah Sakit Jiwa di Bulgaria

Kompas.com - 06/11/2014, 17:16 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ayu Laksmi (47) tidak menyangka lagu-lagu karyanya dipakai untuk terapi di sebuah rumah sakit jiwa di Bulgaria. Lagu Ayu yang bergenre world music itu diputar setiap pagi, menggema di seluruh bangsal, lorong, kantor, dan halaman rumah sakit itu.

"Saya diberi tahu teman jurnalis yang kebetulan sedang berkunjung ke rumah sakit itu. Ternyata lagu-lagu saya dari album Svara Semesta diputar untuk terapi pasien," kata Ayu ditemui di sebuah galeri di Kemang, Jakarta, Rabu (5/11/2014) malam. Ayu tampil cantik dengan kebaya putih berbalut kain batik hitam menyambut sebuah acara festival yang akan diadakan di Bali.

Ia menyatakan senang jika musik yang diciptakannya bisa bermanfaat bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang memerlukan penyembuhan. Ayu mengungkapkan, jalur world music adalah panggilan jiwa bagi perempuan yang pernah dijuluki "lady rocker" tahun 1980-an ini.

"Saya seperti kecemplung begitu saja di jalur (world music) ini. Seperti ada yang menarik-narik saya ke arah sana," tutur Ayu yang menyatakan bahwa ia mencipta lagu awalnya bukan untuk tujuan penyembuhan.

Dalam mencipta lagu, Ayu banyak mengambil lirik-lirik sastra kuno dari Bali. Bagi Ayu, sastra kuno memiliki nilai luhur yang bisa indah jika diekspresikan lewat lagu.

"Bagi orang Barat, sastra adalah buku, sesuatu yang dibaca. Namun, bagi orang Timur, sastra bisa berbentuk macam-macam, termasuk lagu," tuturnya.

Sebagai musisi, Ayu berani menempuh jalan sunyi untuk menekuni jalur world music. Karena tidak banyak produser dan distributor besar yang melirik, Ayu bertekad memproduksi dan mendistribusikan album sendiri. Ia sudah memproduksi album Svara Semesta 1 dan kini tengah menyiapkan Svara Semesta 2.

Jatuh bangun dialami Ayu, termasuk pernah tertipu oleh salah satu sahabatnya sendiri. Sahabat Ayu yang orang Eropa ini membantu Ayu untuk memasarkan lagu-lagunya lewat iTune. Ayu pun setuju. Namun, ternyata, ahli komputer itu membuat iTune palsu untuk memasarkan lagu-lagu para musisi dunia. (Lusiana Indriasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+