Nirina Zubir Belajar Bikin Soal untuk Siswa SMA

Kompas.com - 19/11/2014, 16:02 WIB
Nirina Zubir usai wawancara di Studio Cawang, Jakarta Timur, Senin (17/11/2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANANirina Zubir usai wawancara di Studio Cawang, Jakarta Timur, Senin (17/11/2014).
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar lebih mantap memandu program Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC), artis peran Nirina Zubir sengaja belajar membuat soal pengetahuan umum untuk siswa SMA. Lebih dulu, Nirina coba memberi soal sederhana kepada anaknya, Zivara Ruciragati Sharief.

"Akhirnya jadi belajar lagi, ini cute. Misalnya, 'Kamu mau ke mana? Mau naik pesawat? Mau ke mana. Misalnya mau naik pesawat ke Disneyland, 'Oke mau ke Disneyland yang mana? Kan Ada Disneyland di Jepang, misalnya ke Jepang, itu mata uangnya apa?'," kata Nirina mencontohkan soal sederhana yang diberikan kepada anaknya, dalam wawancara di Studio Cawang, Jakarta Timur, Senin (17/11/2014).

Khusus untuk porsi pengetahuan setingkat siswa SMA, Nirina mengaku harus membuka lagi buku-buku pelajaran. "Jadi buka buku lagi, apalagi dulu sekolahnyanya bukan bahasa Indonesia, dulu Nirina belajar Biologi, Kimia, Fisika itu disekolahnya pakai bahasa China," kenang Nirina.

Tugas Nirina memandu OIC tidaklah mudah, program ini mengusung format yang dulu dikenal dengan nama cerdas-cermat. "Kalaupun ada anggapan pribadi pendidikan itu bukan segalanya karena nanti di lapangan pengalaman itu berbeda, buat Nirina enggak seperti itu, masih harus utamakan pendidikan," kata Nirina.

OIC akan berlangsung selama dua setengah bulan dan ditayangkan di RTV setiap Senin-Jumat atau dari babak penyisihan sampai babak final pada 27 dan 28 November 2014 pukul 19.00 WIB.

Acara ini juga diramaikan oleh tiga panelis pembimbing, yaitu Ira Koesno, Erwin Parengkuan, dan Shahnaz Haque yang memberi masukan positif bagi para peserta bagaimana menghadapi kompetisi di kehidupan sesungguhnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.