Produser Band U2 Bikin Musik NOAH Lebih Segar

Kompas.com - 23/11/2014, 12:29 WIB
Grup band NOAH dalam jumpa pers peluncuran single kedua album Second Chance, KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAGrup band NOAH dalam jumpa pers peluncuran single kedua album Second Chance, "Seperti Kemarin", di EGO Ultra Lounge, X2 Complex, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (21/11/2014).
|
EditorGlori K. Wadrianto
JAKARTA, KOMPAS.com - Steve Lillywhite, produser dari Inggris yang pernah menangani band dunia U2, Rolling Stones, hingga Thirty Seconds to Mars, sengaja memberi sentuhan efek vokal, ritmis, dan tata suara instrumen yang terdengar lebih segar pada aransemen single "Seperti Kemarin" milik grup band NOAH.

"Untuk aransemennya kami sudah ada demo 'Seperti Kemarin' sebelumnya. Tapi ketika Steve tanya apa ada lagu yang beat, kami dengarkan demo ini dan akhirnya kami kembangkan lagi (sesuai arahan Steve)," ujar David dalam jumpa pers peluncuran single kedua album Second Chance, "Seperti Kemarin", di EGO Ultra Lounge, X2 Complex, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (21/11/2014).

Sentuhan Steve tersebut awalnya membuat Uki sedikit khawatir. "Awalnya kami takut ini jadi jauh dari cara bermusik NOAH. Tapi ternyata justru lebih fresh," kata Uki.

Namun, Ariel menjelaskan, perubahan gaya bermusik yang drastis ini diproyeksi menjadi salah satu cara NOAH berevolusi di 2015 nanti. "Yang kami mau capai di 2015 terutama album, kami pengin bikin musik yang berevolusi makanya ada kerja sama dengan produser baru," jelasnya.

Bersama Steve, NOAH berkesempatan belajar musik lebih banyak lagi sebelum mereka merilis album berikutnya setelah lebih dulu mengenalkan Second Chance di akhir 2014 ini. "Di 2015 kami pengin cari ilmu lagi, karena setelah album (Second Chance) yang ini keluar nanti kami akan keluarin lagi album kedua," tekan Ariel.

Merujuk pada Wikipedia, Steve merupakan salah satu produser nomor wahid di dunia berkat prestasinya menggenggam lima penghargaan Grammy Award. Sejak memulai kariernya pada 1977.

Steve telah menangani 500 rekaman dan berkolaborasi dengan band dunia, yaitu U2, The Rolling Stones, Dave Matthews Band, Big Country, Peter Gabriel, Talking Heads, Morrissey, Thirty Seconds to Mars, The Killers, The Pogues, David Byrne, XTC, Siouxsie and the Banshees, Simple Minds, The Psychedelic Furs, Beady Eye, dan Phish.

Ia juga memenangkan penghargaan Producer of The Year Grammy 2006, dan Commander of the Order of The British Empire (CBE) 2012 berkat kontribusinya dalam dunia musik. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.