Masyarakat Belitung Kehilangan Verrys "Laskar Pelangi"

Kompas.com - 13/01/2015, 00:43 WIB
Ketua Ikatan Masyarakat Belitung Usmandi Andeska melepas mobil jenazah yang membawa Verrys Yarmano dari Rumah Duka Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Jakarta Pusat menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang untuk dipulangkan ke kampung halamannya di Belitung, Selasa (13/1/2015) dini hari. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAKetua Ikatan Masyarakat Belitung Usmandi Andeska melepas mobil jenazah yang membawa Verrys Yarmano dari Rumah Duka Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Jakarta Pusat menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang untuk dipulangkan ke kampung halamannya di Belitung, Selasa (13/1/2015) dini hari.
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meninggalnya pemeran karakter Mahar dalam film Laskar Pelangi, Verrys Yarmano (18) menyisakan duka bagi sebagian besar masyarakat Belitung. Hal tersebut disampaikan Ketua Ikatan Masyarakat Belitung Usmandi Andeska.

"Telah berpulang seorang putra kami yang telah berpartisipasi besar dalam pembangunan daerah kami. Dia adalah Verrys, yang dalam Laskar Pelangi lebih dikenal sebagai Mahar," kata Usmandi usai melepas mobil jenazah yang membawa Verrys dari rumah duka Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang untuk dipulangkan ke kampung halamannya di Belitung, Selasa (13/1/2015) dini hari.

Bagi masyarakat Belitung, Verrys telah berjasa membangun tanah kelahirannya pasca-film Laskar Pelangi menembus box office Indonesia pada 2008 lalu. "Dia telah berjasa terhadap daerah kami, dan kami merasa sangat kehilangan sekali," ujar Usmandi.

Usmandi berterima kasih kepada pihak-pihak yang ikut membantu mengurus jenazah Verrys. "Dan ini ada adik-adik kami, ada Kucai, ada Ikal semua (bintang Laskar Pelangi), dan teman-temannya (teman kuliah Verrys di Institut Kesenian Jakarta)," ujar Usmandi. "Terhadap teman-temannya yang dari kampus, yang dari siang sudah mendukung, sudah sama-sama, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya."

"Karena itu, kami mewakili keluarga, mewakili masyarakat Belitung yang ada di Jakarta, kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada teman-teman Mahar. Baik teman kampus, keluarga besar Miles (rumah produksi Miles Films), Mbak Mira Lesmana (produser Laskar Pelangi), Mas Riri Riza (sutradara Laskar Pelangi) yang telah membesarkan Mahar, membesarkan adik-adik kami sehingga menjadi orang-orang yang membesarkan Belitung," lanjutnya.

Usmandi juga memohon doa dan meminta maaf atas kekeliruan Verrys baik yang disengaja maupun tidak selama hidupnya. "Sekali lagi, seandainya ada kekeliruan, kesalahan-kesalahan Mahar mohon dimaafkan. Tolong seikhlas-ikhlasnya," tutur Usmandi.

"Insya Allah kita doakan adik kita Mahar dilapangkan kuburnya, diterima amal ibadahnya, diampuni semua dosa-dosanya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Terima kasih," lanjutnya, sebelum mobil jenazah yang mengangkut Verrys melaju menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X