Rio Febrian Mencuri Ilmu

Kompas.com - 05/02/2015, 15:06 WIB
Penyanyi Rio Febrian saat tampil pada konser amal Jazz for West Java di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (13/9/2009) malam.    KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Rio Febrian saat tampil pada konser amal Jazz for West Java di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (13/9/2009) malam.
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Rio Febrian (33) lebih suka tampil spontan di atas panggung. Ia menghindari tampil terlalu ketat dan terpaku pada skenario panggung. Itu sebabnya, ia girang sekali ketika menonton konser Michael Buble di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, pekan lalu. Buble, penyanyi asal Kanada itu, banyak berkomunikasi secara spontan dengan para penonton.

"Komunikasi dengan penontonnya enak banget. Aku enggak terlalu suka nonton konser yang terlalu terkonsep. Lebih suka kalau artisnya banyak nakalnya karena kalau aku nyanyi juga seperti itu. Enggak suka yang terlalu tertata, lebih suka menghadirkan spontanitas," kata Rio seusai konser.

Rio mengaku sebenarnya bukan penggemar fanatik Buble. Ia nonton konser demi mencuri ilmu pertunjukan yang dibawa sang artis, mulai dari konsep pertunjukan, tata suara, tata cahaya, hingga tata panggung. Ia mengagumi latar belakang panggung yang memanfaatkan layar LED, termasuk tiga panel LED yang bisa naik turun di belakang Buble.

"Kalau kita hanya beli CD atau lagu digitalnya, kita tidak bisa lihat sisi lain dari si artis, termasuk bagaimana ia mengemas pertunjukannya. Ilmu itu yang saya cari dengan nonton konser," kata Rio. (EKI)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.