Livi Zheng Jaga Tradisi

Kompas.com - 21/02/2015, 18:33 WIB
Livi Zheng KOMPAS/AGUS SUSANTOLivi Zheng
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi Livi Zheng, sutradara asal Indonesia yang berkiprah di Hollywood, perayaan Imlek selalu mengingatkannya pada keluarga dengan berbagai tradisi yang terus dijaga.

"Budaya yang selalu kami jaga setiap pagi di awal tahun baru Imlek adalah selalu mengucapkan selamat tahun baru kepada orangtua, nenek, dan saudara-saudara. Biasanya kalau lagi di Indonesia selalu kumpul dan makan bersama keluarga," ujar Livi yang dihubungi dari Jakarta, Kamis (19/2).

Seperti kebanyakan anak, Imlek mengingatkan Livi saat kecil di Indonesia. "Saat yang dinanti-nanti adalah saat dikasih angpao oleh orangtua dan keluarga yang lebih tua. Tapi sekarang udah enggak lagi," ujar Livi.

Tumbuh sebagai anak dan menjadi remaja di Blitar dan Jakarta, Livi melanjutkan studi dan upayanya menjadi atlet wushu di Beijing. Selesai sekolah di Beijing, Livi melanjutkan kuliah di Los Angeles, Amerika Serikat. Niatnya menjadi ekonom berubah saat stuntwomen di Hollywood ini mengambil master film production. Dari ilmu itu, Livi saat ini bergelut di Hollywood sebagai sutradara. Debut filmnya adalah Brush with Danger yang rilis akhir tahun 2014.

"Saat di Beijing, saya sempat bisa pulang ke Indonesia saat Imlek karena di Beijing libur cukup panjang. Sekarang di Los Angeles enggak bisa pulang karena bukan hari libur," ujar Livi yang merindukan Indonesia. (INU)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X