Abdee Negara: Saya Cuti dari Slank, karena Sakit Gagal Ginjal

Kompas.com - 22/03/2015, 15:21 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Berkait dengan kabar beredar yang menyebut bahwa ia tak lagi menjadi bagian dari band Slank, gitaris Abdee Negara (46) akhirnya menyatakan bahwa ia tidak keluar dari grup yang telah diperkuatnya sejak 1997 itu.

"Kami (Slank) sudah lama ingin meluruskan berita yang beredar bahwa saya keluar dari Slank. Saya enggak keluar dari Slank. Yang benar, saya cuti, istirahat, untuk waktu sekitar delapan bulan sampai setahun," kata Abdee dalam jumpa pers bersama rekan-rekan Slank-nya di pusat kegiatan mereka, Jalan Potlot III No 14, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Minggu (22/3/2015) siang.

Pria kelahiran Donggala, Sulawesi Selatan, ini juga mengungkapkan, ia cuti karena menderita gagal ginjal sejak empat setengah tahun.

"Saya istirahat dengan alasan sakit, butuh waktu untuk istirahat. Sudah empat setengah tahun divonis gagal ginjal oleh dokter, sudah stadium akhir, fungsi ginjal ketika itu sudah di bawah 12 persen," kata Abdee lagi.

Abdee menerangkan pula upayanya dalam mengatasi penyakitnya itu.

"Awalnya, saya diet keras dan melakukan beberapa pengobatan, tapi kondisi semakin memburuk. Selama empat setengah tahun berjuang lebih keras menghadapi penyakit itu, saat ini fungsi ginjal sudah jadi tiga persen. Secara mental, saya masih sehat, tetapi fisik enggak sanggup. Saya harus cuci darah dua kali seminggu. Ada kemungkinan transplantasi (cangkok ginjal), tetapi butuh observasi dulu, maka saya membutuhkan istirahat. Waktu buat manggung dengan Slank juga tidak memungkinkan. Lebih baik saya istirahat dulu, walaupun saya sendiri pengin terus," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.