Jokowi: Sebelum Film Luar, Ayo Nonton Film Indonesia

Kompas.com - 30/03/2015, 22:50 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada peringatan Hari Film Nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mencintai film nasional. Untuk itu, Jokowi sengaja mendeklarasikan slogan "Ayo! Nonton Film Indonesia".

"Pada kesempatan kali ini, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia sebelum nonton film dari luar negeri, entah itu Hollywood, Bollywood, atau dari Korea, nonton dulu film dari Indonesia. Ayo nonton film Indonesia," kata Jokowi sebelum nonton bareng film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2015).

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, ini adalah kali pertama film nasional diputar di Istana Merdeka. "Ini penyelenggaraan pertama setelah berdekade-dekade film nasional ditayangkan di Istana. Terima kasih Pak Jokowi sudah membawa film nasional ke Istana," katanya.

Memutar film nasional ini di Istana Merdeka menjadi babak baru bagi dunia perfilman Indonesia. "Saya merasa semua yang di sini hadir bukan hanya untuk nonton bersama tapi juga masuk babak baru sejarah film di negeri ini," ujar Anies.

Dalam acara nonton bareng yang dipandu oleh artis peran Reza Radardian tersebut, pemerintah juga memberikan penghargaan bagi para sineas kenamaan yang telah berjasa dalam dunia perfilman Indonesia, di antaranya ada artis peran Aminah Cendrakasih.

Nonton bareng di Istana Merdeka juga dihadiri oleh para aktor dan aktris kenamaan lainnya, yaitu Slamet Rahardjo, Christine Hakim, Roy Marten, Lukman Sardi, Arifin Putra, Dian Sastrowardoyo, Vino G Bastian, Marsha Timothy, Julie Estelle, dan masih banyak lagi.

Selain itu, turut hadir sutradara film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku Angga Dwimas Sasongko, produser Glen Fredly, dan para pemain film tersebut, yakni Chico Jericho dan Jajang C Noer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.