Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Sebelum Film Luar, Ayo Nonton Film Indonesia

Kompas.com - 30/03/2015, 22:50 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada peringatan Hari Film Nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mencintai film nasional. Untuk itu, Jokowi sengaja mendeklarasikan slogan "Ayo! Nonton Film Indonesia".

"Pada kesempatan kali ini, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia sebelum nonton film dari luar negeri, entah itu Hollywood, Bollywood, atau dari Korea, nonton dulu film dari Indonesia. Ayo nonton film Indonesia," kata Jokowi sebelum nonton bareng film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2015).

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, ini adalah kali pertama film nasional diputar di Istana Merdeka. "Ini penyelenggaraan pertama setelah berdekade-dekade film nasional ditayangkan di Istana. Terima kasih Pak Jokowi sudah membawa film nasional ke Istana," katanya.

Memutar film nasional ini di Istana Merdeka menjadi babak baru bagi dunia perfilman Indonesia. "Saya merasa semua yang di sini hadir bukan hanya untuk nonton bersama tapi juga masuk babak baru sejarah film di negeri ini," ujar Anies.

Dalam acara nonton bareng yang dipandu oleh artis peran Reza Radardian tersebut, pemerintah juga memberikan penghargaan bagi para sineas kenamaan yang telah berjasa dalam dunia perfilman Indonesia, di antaranya ada artis peran Aminah Cendrakasih.

Nonton bareng di Istana Merdeka juga dihadiri oleh para aktor dan aktris kenamaan lainnya, yaitu Slamet Rahardjo, Christine Hakim, Roy Marten, Lukman Sardi, Arifin Putra, Dian Sastrowardoyo, Vino G Bastian, Marsha Timothy, Julie Estelle, dan masih banyak lagi.

Selain itu, turut hadir sutradara film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku Angga Dwimas Sasongko, produser Glen Fredly, dan para pemain film tersebut, yakni Chico Jericho dan Jajang C Noer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com