Thomas Ramdhan: Kebingungan Bertambah

Kompas.com - 10/04/2015, 00:00 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS -- Hal paling merepotkan ketika kehilangan dompet adalah mengurus surat dan kartu yang hilang bersama dompet tersebut. Begitu pula yang dialami pemain bas band Gigi, Thomas Ramdhan (48). Awal April lalu, Thomas kehilangan dompet yang mungkin terjatuh dalam perjalanan pulang dari daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Dia harus mengurus surat kehilangan dan memblokir rekening bank atas namanya serta mengurus ulang pembuatan kartu ATM. Proses memblokir rekening relatif mudah karena dia cukup menelepon dan pemblokiran langsung terjadi.

"Ketika mengurus pembuatan ATM baru, saya pusing. Pihak bank meminta KTP, padahal KTP saya hilang bersama dompet tersebut. Saya hanya punya KTP lama yang kedaluwarsa dan paspor," kata Thomas di Jakarta, Jumat (3/4/2015).

Berdasarkan KTP lama, identitas Thomas cocok dengan yang ada di akun rekeningnya. Sementara berdasarkan paspor, nama Thomas berbeda karena terdiri atas tiga kata.

"Paspor itu diperpanjang tahun lalu dan bukan saya yang menambahkan menjadi tiga kata. Paspor itu dipakai untuk ke Tanah Suci yang sesuai ketetapan imigrasi negara bersangkutan harus terdiri atas tiga nama," kata Thomas.

Dia makin pusing karena pihak bank hanya menerima KTP dan karena ada libur pada awal April, Thomas tak bisa segera membuat KTP baru.

"Saya pakai surat kehilangan dari polisi, paspor, dan KTP lama, ternyata tetap tidak laku di bank. Bagaimana ini?" tanyanya dengan kebingungan yang bertambah. (TIA)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.