Pedangdut dari Rusia Dilatih Guru Vokal Krisdayanti

Kompas.com - 10/04/2015, 14:06 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com — Alina Saraswati (28) adalah nama baru di belantika musik dangdut. Meski namanya sangat mirip dengan nama orang Indonesia, Alina sebenarnya seorang model dan artis peran asal Rusia yang memutuskan menjadi penyanyi dangdut di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, pendatang baru ini ternyata berlatih vokal dengan Catharina W Leimena, guru besar para diva Indonesia.

"Saya mulai basic training dengan Ibu Catharina Leimena," ungkap Alina yang terbata-bata menggunakan bahasa Indonesia saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2015).

Catharina sendiri merupakan pelatih vokal kawakan yang pernah menempa vokalis pop Krisdayanti. Catharina juga sempat membimbing penyanyi muda Gita Gutawa.

Tak hanya dibimbing Catharina, Alina juga mengaku belajar vokal dengan juri Rising Star Indonesia yang juga jebolan German Idol, Millane Fernandez. Alina harus berlatih menyanyikan hampir lima lagu dangdut setiap harinya.

"Satu minggu lalu belajar sama Millane Fernandez. Dia ajari saya special breathing practice. Latihan di rumah tiap hari, lima lagu dangdut. Belajar cengkoknya. Nanti sama Mbak Uci Wibi (lady rocker era 1990-an)," tutur penggemar vokalis Syahrini tersebut.

Perempuan bernama lahir Alina Salimgareeva ini mengatakan, menjadi penyanyi dangdut di Indonesia adalah pengalaman pertamanya bernyanyi secara profesional. Namun, menurut dia, sedari kecil dia sudah gemar bernyanyi.

"Ini pertama kali menyanyi profesional. Waktu masih anak-anak, saya ambil sisir dan suka bernyanyi," ujar Alina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.