"Guru Bangsa Tjokroaminoto" Diusulkan Jadi Film Wajib untuk Pelajar

Kompas.com - 10/04/2015, 14:57 WIB
|
EditorCaroline Damanik

SURABAYA, KOMPAS.com - Kisah kepahlawanan Tjokroaminoto dalam film "Guru Bangsa Tjokroaminoto" dinilai patut diteladani oleh generasi muda. Oleh karena itu, Paguyuban Seniman Surabaya mengusulkan film tersebut menjadi film yang wajib ditonton pelajar Surabaya.

"Banyak nilai-nilai yang layak diteladani dari film, di antaranya nilai nasionalisme, kepekaan sosial, dan semangat pendidikan yang harus dicontoh pelajar kota Pahlawan," ujar Ketua Paguyuban Seniman Surabaya, Djoddy Widyawan, Jumat (10/4/2015).

Oleh karena itu, dia akan mengusulkan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini agar film karya sutradara Garin Nugroho itu bisa menjadi tontonan wajib bagi seluruh pelajar Surabaya.

"Entah bagaimana teknisnya, yang jelas wajib ditonton pelajar. Ini juga agar film Indonesia bisa berjaya di negeri sendiri," jelasnya.

Pihaknya sadar, film Tjokroaminoto harus berjuang merebut penonton di tengah demam fil Fast And Furious 7 yang dirilis pekan lalu.

"Saya harap penonton bisa cerdas, karena film Furious 7 adalah cerita fiksi, tapi kalau Tjokroaminoto adalah kisah cerita kepahlawanan," ujarnya.

"Guru Bangsa Tjokroaminoto" menceritakan perjalanan hidup Tjokroaminoto asal Surabaya yang diperankan Reza Rahardian saat menjadi tokoh guru di masa kemerdekaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.