d'Rumah Harmoni: Salam Tiga Jari untuk Indonesia yang Wow

Kompas.com - 24/04/2015, 15:58 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Komunitas musik d'Rumah Harmoni yang diwakili oleh artis musik Oppie Andaresta, Bimbim "Slank", Ridho "Slank", dan Michael Jakarimilena, mengupas tuntas arti kode salam tiga jari yang juga merupakan salah satu judul lagu dari album d'Rumah Harmoni ketika tampil dalam program bincang-bincang musik K-Akustik yang disiarkan secara live streaming di Kompas.com, Kamis (23/4/2015), pukul 16.00 WIB.

"Salam tiga jari itu ide kami dan kami juga yang ngusulin ke Pak Jokowi setelah dia terpilih jadi presiden. Tadinya dia mau begini (tempel jari tengah, jari manis, jempol, sisanya angkat ke atas), tapi kami bilang jangan," ungkap Bimbim mewakili Oppie, Michael, dan Ridho "Slank".

"Arti salam tiga jari itu oke, wow, cool kayak Indonesia," imbuh pemilik nama lahir Bimo Setiawan Almachzumi ini.

Oppie menambahkan, lagu "Salam Tiga Jari" dicipta bukan karena d'Rumah Harmoni mendukung salah satu pihak, tetapi lebih kepada ajakan untuk bersatu. Lirik bagian refrain-nya yang berbunyi, "Salam tiga jari persatuan Indonesia. Tempel jempol, telunjuk, sisanya angkat ke atas" menyimbolkan persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kami bukannya pro ke salah satu pihak ya. Kemarin kita saling berbeda pandangan. Ada yang dukung nomor 1 dan ada yang dukung nomor 2. Tetapi, dengan salam tiga jari ini kami mau ngajak yang di kubu nomor 1 dan nomor 2 untuk bersatu, kan kita satu nusa satu bangsa," kata Oppie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.