Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teuku Rassya Ditunjuk Jadi Duta Thalassemia

Kompas.com - 09/05/2015, 15:12 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Bertepatan dengan hari Thalassemia sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Mei, artis dan vokalis Teuku Rassya (16)  memiliki peran baru dalam kegiatan sosial, yaitu menjadi duta Thalassemia Aceh. 

“Saya senang dan bersyukur bisa diberi kesempatan ini. Kebetulan keluarga saya berasal dari Aceh dan jumlah penderita Thalassemia di Aceh sendiri adalah yang terbanyak di Indonesia. Ini menjadi tanggung jawab besar bagi saya sebagai bagian dari generasi muda untuk membuat orang lain peduli akan penyakit ini,” tutur Rassya dalam wawancara usai konferensi pers pengukuhan Duta Thalassemia Aceh di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (8/5/2015) lalu.

Dengan ditunjuknya menjadi duta Thalassemia Aceh, Rassya ingin berkontribusi untuk menyadarkan dan memberi tahu khalayak luas mengenai sebab dan akibat penyakit Thalassemia ini.

“Banyak orang yang belum mengetahui mengenai penyakit ini. Sehingga menjadi tanggung jawab saya untuk menyebarkan informasi mengenai penyakit Thalassemia di kalangan generasi muda. Saya tidak mau generasi selanjutnya tidak tahu apa-apa tentang penyakit ini,” katanya

Berbagai cara untuk menyebarkan informasi mengenai Thalassemia akan dilakukan oleh Rassya diantaranya, membagi informasi mengenai penyakit tersebut melalui sosial media.

“Pastinya saya akan menggali lebih dalam mengenai penyakit ini.  Saya akan memberi tahu pada  masyarakat, terutama generasi muda melalui sosial media. Saya akan mendorong masyarakat untuk melakukan pemeriksaan darah secara rutin sejak dini agar tahu apakah mereka membawa sifat penyakit Thalassemia atau tidak. Selain itu, saya juga bantu meyakinkan orang-orang Indonesia untuk mendonorkan darahnya bagi pasien Thalassemia,” ujar putra dari Teuku Rafli dan Tamara Bleszynski ini.

Thalassemia sendiri adalah penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah yang rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah merah normal yakni hanya 120 hari. Akibatnya, penderita Thalassemia akan mengalami gejala anemia seperti sakit kepala, muka pucat, badan sering lemas, susah tidur, nafsu makan hilang, dan infeksi berulang. Penyakit ini juga merupakan penyakit keturunan yang bisa didapat dari orangtua yang menderita Thelassemia. Penyakit yang tidak menular ini, sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com