Melihat Masa Depan di Film "Tomorrowland"

Kompas.com - 23/05/2015, 15:50 WIB
Halaman web film Tomorrowland di situs web Disney.com DISNEYHalaman web film Tomorrowland di situs web Disney.com
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAKARTA, KOMPAS.com
- Disney kembali memproduksi sebuah film untuk segala umur yang berhubungan dengan fantasi dan sci-fi (sains fiksi). Film ini mengangkat cerita dengan nuansa utopia. Pesan-pesan kecil untuk menjaga rasa optimisme dan pantang menyerah ditonjolkan melalui dialog-dialog dan karakter yang dimainkan oleh George Clooney dan Britt Robertson sebagai dua tokoh sentral dalam cerita.

Film berdurasi 130 menit ini menceritakan tentang dua tokoh berbeda yang secara tidak langsung terhubung karena minat dan pengalaman yang sama. Casey, seorang anak remaja yang memiliki minat tinggi terhadap sains dan ruang angkasa, mengalami sebuah pengalaman unik ketika ia dapat melihat sebuah wilayah misterius bernama Tomorrowland. Ia memerlukan bantuan seorang ilmuwan bernama Frank, yang ternyata juga memiliki pengalaman yang sama dengan Casey, untuk dapat pergi menuju Tomorrowland. Petualangan dimulai saat mereka mencari cara untuk dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di wilayah yang sangat maju dan indah tersebut.

Film ini memang diperuntukkan bagi penonton dalam segala umur, tetapi dengan alur cerita yang banyak "melompat-lompat" dan pengisahan yang terburu-buru, penonton dewasa akan menginginkan sesuatu yang lebih. Detail-detail yang diangkat menjadi terkesan kurang dalam karena durasi yang pendek untuk film dengan tema sains fiksi ini.

Di sisi lain, pesan yang sangat terlihat mengenai keadaan manusia pada masa sekarang juga terkesan "berat" untuk anak-anak. Digambarkan bahwa manusia sudah mengetahui akan hadirnya kiamat dengan rusaknya alam ini dan mereka terlihat "menunggu" kiamat tersebut tanpa mencari solusi untuk mencegah kerusakan dunia.

Oleh karena itu, film ini akan cocok jika ditonton bersama keluarga. Pesan-pesan yang terkesan "berat" dapat difasilitasi oleh orangtua kepada anak-anaknya.

Pesan mengenai optimisme dan pantang menyerah sangat cocok untuk individu pada umumnya dalam segala umur. Ditambah lagi tokoh sentral yang diangkat memiliki umur yang berbeda dan generasi yang berbeda dengan kompleksitas dan masalahnya masing-masing.

Secara visual, film ini juga memanjakan mata para penonton. Latar masa depan dengan segala peralatan dan ikon-ikonnya cukup menyenangkan untuk dilihat dan sesuai dengan tema film. Tidak lupa dalam bidang keaktoran, pilihan yang tepat untuk menarik penonton dengan menampilkan George Clooney.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, peran yang paling menonjol ada pada Britt Robertson, pemeran Casey. Artis berusia 25 tahun ini dapat mengimbangi aktor peran senior George Clooney. Akting Raffey Cassidy yang baru berusia 12 tahun juga patung diacungi jempol. Raffey menambah daya tarik film ini dengan perannya sebagai Athena, seorang utusan dari Tomorrowland yang selalu bersikap optimistis dan energik.

Secara garis besar, film ini menampilkan genre berbeda dari film-film Disney pada umumnya. Selain itu, banyak hal yang dapat diambil dalam film fantasi dan sains fiksi ini. Film ini dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin berakhir pekan dengan keluarga.

Tak hanya itu, petualangan Casey dan Frank menuju Tomorrowland, kini dapat dinikmati sambil memeluk bantal lengkap dengan selimut hangat di Cinemaxx Gold, Maxx Box Orange County, Cikarang Selatan yang baru diresmikan pada 21 Mei 2015.

Pengunjung yang memilih menyaksikan film "Tomorrowland" di Cinemaxx Gold, mereka dapat bersantai terlebih dahulu di ruang VIP. Di dalam studio, Cinemaxx Gold pun menyediakan kursi sofa dengan motor recliner yang memudahkan para pengunjung untuk duduk maupaun merubah posisi. Tata suara Dolby Atmos kian terasa memanjakan telinga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.