Karya Ditonton di "Channel" Nidji, Giring Cs Untung

Kompas.com - 26/05/2015, 20:42 WIB
Band Nidji hadir dalam acara peluncuran album King of Soundtrack, di Club O1, fX Plaza, Jakarta Selatan, Jumat (25/4/2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANABand Nidji hadir dalam acara peluncuran album King of Soundtrack, di Club O1, fX Plaza, Jakarta Selatan, Jumat (25/4/2014).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis band Nidji, Giring Ganesha (31), mengatakan bahwa ada keuntungan dan kerugian bagi industri musik Indonesia, tak terkecuali untuk dirinya dan Nidji, terkait penggunaan situs unggah video YouTube.

"Kalau misalnya orang nonton karya saya pakai channel Nidji yang ada di (channel) Musica (perusahaan rekaman Musica Studios) itu menguntungkan, karena ada sharing iklannya," kata Giring ketika diwawancara oleh Kompas.com melalui telepon, Kamis (26/5/2015).

Namun, kata Giring lagi, yang terjadi selama ini, ada orang-orang tak bertanggung jawab mengunggah karya-karya Giring atau Nidji tanpa peduli hak cipta dan royalti.

"Yang merugikan, orang upload karya saya, habis itu ditonton banyak orang, kami enggak dapat apa-apa," ucapnya.

Giring mengaku miris mengetahui banyak karya, termasuk film-film Indonesia, bisa ditonton secara gratis dengan mengabaikan hak cipta dan royalti bagi para kreator.

"Apakah itu dapat keuntungan apa enggak?" ujarnya.

Menurut Giring, seharusnya orang-orang itu sadar dan mempelajari apa yang boleh diunggah dan apa yang bisa merugikan orang-orang lain.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya malah salut sama teman-teman yang buat konten sendiri dan meng-upload karyanya di YouTube," ujarnya lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X