Anggun Wajibkan Putrinya Berbahasa Indonesia

Kompas.com - 29/05/2015, 14:28 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik Anggun Cipta Sasmi (41) mengaku tak melupakan akarnya sebagai orang Indonesia. Itu juga yang ingin ia tanamkan kepada putrinya, Kirana Cipta Montana Sasmi (7).

Meski lahir dan besar di Perancis, kata Anggun, Kirana fasih berbahasa Indonesia.

"Aku kalau ngomong sama anakku hanya dengan bahasa Indonesia, enggak pernah dengan bahasa lain. Anakku, anak blasteran. Tapi, aku lebih suka anakku kayak gitu, daripada anak yang di sini yang enggak bisa bahasa Indonesia," ungkapnya dalam wawancara di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

Anggun bercerita, kadang putrinya masih lupa dan menjawab pertanyaannya dengan bahasa Perancis. Contohnya, pernah suatu kali, Anggun bertanya kepada anaknya tentang pelajaran di sekolah. Lalu, sang anak menyahut dengan bahasa Perancis. Jika begitu, Anggun akan berucap, "Ngomongnya yang bener dong."

"Langsung, ngomongnya pelan-pelan, 'Ya, Mama, sorry Mama.' He he he, itu penting dong, dan tanggung jawabku sebagai orang Indonesia, orang Jawa, anakku itu harus pintar bahasa Indonesia," tuturnya.

"Namanya aja Kirana. Jadi, buat aku, bahasa itu penting karena identitas, jauh lebih penting dari apa yang tertulis di KTP atau paspor," tambah perempuan yang menjadi warga negara Perancis dan memegang paspor Perancis ini.

Juri Asia's Got Talent 2015 ini juga mengenalkan budaya Tanah Air kepada putrinya dengan rutin mengunjungi kerabatnya di Indonesia. Menurut Anggun, itu agar anaknya bisa bersentuhan langsung dengan budaya Tanah Air.

"Tiap tahun kita pasti ke Indonesia. Dia ketemu Eyang, Bude, dan Pak De," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.