Lagu "Astuti" Agung Hercules Itu Lirik atau Cerita Rakyat?

Kompas.com - 11/06/2015, 11:22 WIB
Rigen. KOMPAS TVRigen.
|
EditorTri Wahono


JAKARTA, KOMPAS.com
– Aksi Rigen di panggung Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 5 cukup membuat Agung Hercules melepas gelak tawa sekaligus geleng-geleng kepala, tak terkecuali para penonton.

Di awal penampilannya, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (28/5/2015) lalu, ketika topik tentang Agung Hercules menjadi materi komedi (roast), Rigen langsung berkelakar. Ia merasa senang karena kali ini panggung SUCI 5 kehadiran penyanyi terkenal, yakni Once, mantan vokalis band Dewa). Tentu saja itu sindiran bagi Agung Hercules yang juga berambut gondrong.

Menyoal badan berotot Agung Hercules, Rigen sedikit heran. Dengan badan yang sebesar itu, kenapa Agung Hercules malah menjadi penyanyi dangdut? Lantas ia sedikit menyarankan Agung Hercules agar menjadi kakaknya saja. Rigen mengaku, ingin mempunyai kakak seorang artis.

"Kalo gedein badan, sudah gede badannya, cari pekerjaan yang sesuai dengan badan besar gitu. Kuli bangunan kek gitu. Petani kek, peternak kek, abang saya kek. (tapi) Ya saya juga mau punya abang artis," kelakar Rigen.

Menurut Rigen, artis yang memiliki jargon TGBM (Tidak Goyang Barbel Melayang) itu terkenal melalui lagu "Astuti". Tapi herannya lagu tersebut dibuat pada tahun 2003 dan baru terkenal di tahun 2011. Selama delapan tahun, lagu "Astuti" dinilai sia-sia oleh Rigen.

"Delapan tahun. Semua pasti tahu kan lagunya ‘Astuti’. Tapi, gue tanya, ada yang hafal enggak lagunya? Hafal enggak lu? Enggak ada yang hafal ya Allah. Delapan tahun sia-sia," tutur Rigen di panggung Balai Kartini, Jakarta.

Masalahnya, kata Rigen, ada di liriknya yang terlampau panjang. "Liriknya panjang banget. Ini lirik lagu apa cerita rakyat sih? Udah gitu, biar kelar gitu, durasinya biar cepet, dia nyanyinya dicepet-cepetin," ungkap Rigen disambut tawa penonton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inilah video aksi panggung Rigen di SUCI 5 selengkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.