Seno Gumira Ajidarma: Karya Sastra Indonesia Bagus, tetapi...

Kompas.com - 17/06/2015, 15:17 WIB
Seno Gumira Ajidarma diabadikan usai berbincang dengan Kompas.com di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015). KOMPAS.com/THALIA SHELYNDRA WENDRANIRSASeno Gumira Ajidarma diabadikan usai berbincang dengan Kompas.com di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis Seno Gumira Ajidarma menilai bahwa karya-karya sastra Indonesia sudah cukup bermutu. Namun, kata dia, yang masih kurang justru minat baca masyarakatnya.

"Mutu? Kurang apa sih Indonesia ini? Top markotop. Tapi tidak dibaca, itu masalahnya," ucap Seno saat berbincang dengan Kompas.com di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).

"Siapa baca Danarto? Siapa baca Putu Wijaya? Wah itu maestro semua," lanjutnya.

Selain perlu meningkatkan minat baca, Seno menilai bahwa karya sastra perlu dipromosikan secara besar-besaran.

"Harus dipromosikan seperti orang promosi rokok. Billboard-billboard itu isinya cerpen Danarto apa semua gitu lho, cover bukunya di situ, bukan (menampilkan gambar) paru-paru," kata Seno.

"Iklan-iklan di TV isinya buku sastra," sambungnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X