Rizal Mantovani Klarifikasi Tuduhan Jiplak Klip Video EXO

Kompas.com - 11/07/2015, 14:24 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Rizal Mantovani meluruskan anggapan miring mengenai dirinya yang disebut menjiplak konsep klip video "Mama" milik boyband dari Korea Selatan, EXO, untuk video musik lagu "Jatuh Cinta Tak Ada Logika" yang dinyanyikan grup The Freaks yang terdiri dari Aliando Syarief, Calvin Jeremy, Nikita Willy, dan Teuku Rassya. 

"Di sini letak kontroversinya, ini paling mirip. Ini pilar-pilarnya mirip," kata Rizal sambil menunjukkan potongan gambar salah satu adegan di klip video "Mama" milik EXO di Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Jumat (10/7/2015) malam.

"Tapi apakah cuma karena pilar-pilar ini jadi ngerusak? Padahal saya ambil (inspirasi) pilar garis-garis itu dari film Lord of The Ring," imbuhnya.

Lalu, ada lagi adegan yang dianggap mirip oleh penggemar boyband EXO. "Adegan-adegan pakai sinar. Padahal saya dapatnya dari Frozen, X-Men. Lagipula kami ada adegan layaknya padang pasir," tutur Rizal.

Secara teknis sutradara film Wewe ini bukan mengkhawatirkan tudingan bahwa dirinya telah menjiplak beberapa adegan dalam klip video Exo. Namun, Rizal megaku kurang nyaman jika Aliando akhirnya diolok-olok di media sosial karena tudingan itu.

"Saya enggak konsen sama ini sih, tapi soal bully. Pilar-pilar itu dipakai jadi celah akhirnya mereka di-bully. Tapi mereka akan jadi contoh. Di-bully tapi tetap tegar," kata Rizal.

Salah satu komentar miring itu mengaku tak senang karena klip video The Freaks memiliki beberapa kesamaan adegan dengan klip video boyband EXO.

"Maap buat fans Ali, cuma kesel aja idola kita exo diikutin sama artis gak bermutu kaya Ali suara pales modal ganteng aja wkwkwkwk," bunyi komentar tersebut pada akun Instagram milik Aliando.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.