Ini Rahasia Sukses Sutradara "Inside Out" Menggarap Film Animasi

Kompas.com - 06/08/2015, 23:21 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Peter Hans Docter (46) atau Pete Docter, tak segan untuk berbagi rahasia kesuksesannya dalam menggarap film animasi. Ia mengatakan, setiap film yang dibesutnya merupakan refleksi kehidupan manusia. Yang termutakhir, Pete menggarap film animasi Inside Out produksi Disney-Pixar.

"Semua film yang kami buat adalah refleksi dari kehidupan manusia terutama dari kami sendiri. Saya pikir saya banyak berkaca pada diri saya sendiri juga. Kami membuat film sebagai metafora yang simpel," kata Pete dalam jumpa pers Pixar Inside Out Southeast Asia Tour, di Djakarta Theater, Rabu (5/8/2015).

Pete Docter merupakan orang di balik layar yang sukses dengan film-film animasi pencetak box office dunia, antara lain Toy Story (1995) – penulis naskah, pimpinan animator; Geri's Game (1997) – animator; A Bug's Life (1998) – additional storyboard artist; Toy Story 2 (1999) – penulis naskah; Monsters, Inc. (2001) – sutradara, penulis naskah; WALL-E (2008) – penulis naskah; dan Monsters University (2013) – eksekutif produser.

Sementara menurut rekan Pete yang duduk sebagai asisten sutradara Inside Out, Ronnie del Carmen, membuat film animasi membutuhkan usaha yang keras serta komunikasi yang baik dalam sebuah tim.

"Kami mencoba semuanya sebelum mendapatkan hasil yang terbaik. Pada dasarnya, ini adalah sebuah kerja tim yang bagus," tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, kedua pekerja film ternama tersebut juga akan berbagi ilmu dengan memeberikan edukasi inspiratif untuk para pekerja film lokal, blogger, influencer, serta mahasiswa terpilih dari beberapa sekolah desain dan animasi di Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Inside Out merupakan film petualangan komedi yang menampilkan berbagai karakter emosi, yakni Joy (senang), Sadness (sedih), Fear (takut), Anger (marah), dan Disgust (jijik) yang bersama-sama membantu gadis berusia 11 tahun untuk melalui perubahan meresahkan dalam hidupnya.

Film tersebut telah tayang perdana di gedung-gedung bioskop AS pada 19 Juni 2015 lalu dengan meraih pendapatan fenomenal sebesar 92 juta dollar AS untuk sebuah film animasi orisinal. Di minggu ketiga penayangannya, Inside Out mampu menduduki peringkat nomor satu Box Office AS. Di Indonesia sendiri, Inside Out akan mulai tayang di biosko-bioskop mulai 19 Agustus 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.