Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog Anjurkan Krisdayanti dan Aurel Segera Bertatap Muka

Kompas.com - 31/08/2015, 16:43 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hubungan vokalis Krisdayanti atau KD dengan anak pertamanya dari sang mantan suami pemusik Anang Hermansyah, Titania Aurelie Nurhermansyah atau Aurel sedang memanas. Melihat kejadian ini, psikolog Rose Mini Agoes Salim alias Bunda Romi, menilai bahwa masalah internal antara ibu dan anak selayaknya tidak diumbar di media sosial.

"Ini kan karena adanya sosial media. Jadi masalahnya jadi tidak terlihat masalah, tapi lebih kepada sakit hati, rasa enggak nyaman, malu dan sebagainya. Jadi kalau menurut saya, sosial media bukanlah tempat yang baik untuk mencurahkan isi hati yang kemudian terkait dengan hubungan anak-ibu atau suami-istri, atau apa," ujar Rose saat dihubungi per telepon oleh Kompas.com di Jakarta, Senin (31/8/2015).

Menurut dia, keduanya harus segera menghapus posting tersebut dan melakukan tatap muka untuk berbicara langsung. "Apa pun bentuknya, menurut saya dua-duanya sudah enggak usah nanggepin lagi. Sudah, sudah berhenti sampai di situ saja. Cepat dihapus, kemudian ngomong langsung empat mata. Dan kalau sudah sampai seperti ini, menurut saya, ini jadinya di-blow up ke mana-mana. Interpretasinya udah macam-macam," tuturnya.

"Makanya kan interpretasi ke mana-mana. Kalau menurut saya sudah selesai sampai di sini, ajak ngomong, ketemu, ngomongin aja. Karena kalau sudah di sosial media itu, nanti apa yang jadi masalah enggak keliatan lagi. Lebih kepada sakit hati, pride terganggu, dan juga komunikasi jadi enggak nalar karena panas hatinya," lanjut Rose.

Rose juga mengingatkan agar setiap figur publik lebih bijak, dan dapat menahan diri tidak menggunakan media sosial untuk mengumbar masalah pribadi di lini massa. "Harus bisa ngerem diri sendiri, kita juga harus hati-hati baca postingan orang," ujarnya.

Saat ditanyakan apakah yang diutarakan Aurel di Instagram dipicu oleh dampak psikologis anak terhadap perceraian orangtua, Rose enggan menjawabnya. "Mau enggak mau kemungkinan juga bisa masalah dalam situ yang belum tuntas. Tapi jadi makin besar kan, jadi makin berandai-andai kan. Kalau saya melihatnya, yang baca diem aja enggak usah ikut campur. Media juga enggak usah ikutin lagi. Biarkan urusan domestik dibereskan. Kalau mau kasih saran biarkan mereka saling berkomunikasi dua arah yang baik tanpa marah bereskan ini. Gimana pun, si anak 'Saya butuh ibu', sang ibu juga butuh anaknya," tutur Rose.

Untuk diketahui, pada Sabtu (29/8/2015) malam, Aurel, yang lahir pada 10 Juli 1998, merayakan ulang tahunnya yang ke-17 di sebuah kelab di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Namun, KD tidak hadir. Aurel, melalui akun Instagram-nya, @aurelie.hemansyah, mengungkapkan bahwa KD tidak datang ke pesta ulang tahunnya karena dilarang oleh Raul.

"Sebenarnya aku nggak mau nulis ini, tp aku lelah dibilang dan dibully sebagai anak durhaka!!!" tulis Aurel pada Minggu. 

"Mimi adalah ibu yg melahirkan aku dan aku nggak mungkin mau menjadi anak durhaka walau apapun keadaannya... Sudah 5 bulan aku nggak bisa ketemu mimi jd gmn aku bs post foto sm mimi :(," tulisnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+