Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Dhani Bantu El dan Dul Garap "Balita"

Kompas.com - 03/09/2015, 12:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik Ahmad Dhani (43) turut menyumbangkan beberapa lagu yang diciptanya untuk menjadi materi album Balita milik band Ahmad Bersaudara yang beranggotakan kedua putranya, Ahmad El Jalaluddin Rumi dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani.

"Saya bikin lagu. Sudah direkam. Nanti masuk album Balita ini, bisa dibilang album Balita," tutur Dhani dalam jumpa pers peluncuran klip video "Jika Kau Percaya" di kediamanya, Jalan Pinang Emas III, Pondok Indah, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Mengapa disebut Balita? Menurut produser Republik Cinta Management itu, album tersebut masih dalam proses pembuatan dan merupakan proyek bermusik pertama Ahmad Bersaudara yang juga baru terbentuk beberapa bulan lalu.

"Ahmad Bersaudara itu masih muda banget. Jadi musik mereka itu dibayangin sebuah perjalanan. Seperti halnya The Beatles. Mungkin dua tiga tahun lagi Ahmad bersaudara berbeda musiknya. Sesuai dengan perkembangan jiwa mereka. Jadi ada perjalanannya lah. Liat aja nanti pasti berubahlah," tutur Dhani.

Dhani mengatakan, aliran musik yang diusung duo El dan Dul ini cukup berbeda dengan genre musik retro atau yang disebutnya sebagai early Beatles, era awal genre musik band legendaris The Beatles. Karena itu, suami vokalis Mulan Jameela ini menyiapkan lagu yang sealiran dengan itu.

"Saya punya lagu yang satu genre. Meskipun saya ngarang lagu buat mereka, genrenya sama. Saya ngarang lagunya sesuai tema yang mereka usung sekarang ini. Kalau boleh disebut mungkin tema early Beatles. Kalau ngomong retro masih rumit. Kalau untuk mudah dipahami, ya itu era early Beatles. Ada juga era early Rolling Stones, early Queen. Ini era-era early. Dua tiga tahun lah album di era early itu," ucapnya.

Walaupun ikut membantu di beberapa titik, namun Ahmad Dhani membebaskan El dan Dul bereksperimen dengan karya musik mereka. "Ini era pertama mereka (Ahmad Bersaudara). Sebuah perjalanan yang saya tidak ikut menentukan. Mereka tentukan. Ini sebuah koma bukan titik," ucap Dhani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com