Lukman Sardi Belajar dari Sutradara dan Produser "Filosofi Kopi"

Kompas.com - 11/09/2015, 12:33 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Lukman Sardi (44) telah menjajal jadi sutradara lewat film Di Balik 98, yang sudah dirilis pada Januari 2015. Sekarang, ia mencoba jadi produser film, untuk Surat dari Kartini.  

Putra almarhum maestro biola Idris Sardi ini mengaku banyak belajar dari rekan-rekan sineasnya. Salah satunya, sutradara dan produser Filosofi Kopi, Angga Dwimas Sasongko (30).

"Banyak temen yang bisa saya tanya-tanya. Ada Angga yang sudah sutradara dan menjadi produser untuk filmnya sendiri. Ya kan, Angga itu sutradara sekaligus produser buat filmnya. Saya bisa tanya dan ngobrol-ngobrol sama dia," ucapnya dalam wawancara sesudah jumpa pers Festival Film Indonesia (FFI) 2015 di Restoran Kembang Goela, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2015).

"Ada Affandi juga (produser Di Balik 98). Saya bisa belajar dari dia juga. Terus, Mbak Dewi (Dewi Umaya, salah satu produser film Guru Bangsa: Tjokroaminoto)," tambahnya.

Pemain film Laskar Pelangi ini berprinsip, jangan malu bertanya dalam belajar.

"Pada saat aku nyemplung, ada yang aku enggak ngerti, aku tanya, se-simple itu. Dari situ kita belajar," kata Lukman.

Dari ketiga bidang yang sudah digelutinya, Lukman merasa yang paling menarik minatnya tetap menjadi artis peran dan sutradara.

"Produser bukan enggak menarik, tapi passion terbesar di akting dan penyutradaraan. Produser enggak masuk rencana hidup. Yang masuk itu sebenarnya sutradara. Jadi aktor, terus tiba-tiba aku bercita-cita jadi sutradara. Tapi, ditawarkan jadi produser, ya why not. Film itu luas. Harus tahu itu, harus terjun langsung," katanya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.