Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggy Umbara Bakal Sutradarai Film Adaptasi Novel "Bumi Manusia"

Kompas.com - 14/09/2015, 20:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah beberapa kali dilirik sejumlah sineas Tanah Air, akhirnya novel karya sastrawan senior Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia dipastikan akan diangkat ke layar lebar. Sutradara Anggy Umbara yang sukses dengan film Comic 8-nya, mengaku bakal menggarap film adaptasi novel tersebut.

"Falcon Pictures sudah memberikan kepercayaannya kepada saya untuk mempelajari dan mengembangkan novel itu (Bumi Manusia) untuk dijadikan film," kata Anggy kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Senin (14/9/2015).

Anggy mendapat tawaran untuk menyutradarai film adaptasi novel Bumi Manusia pada 2014 lalu, setelah rumah produksi Falcon Pictures membeli hak cipta novel pertama dari tetralogi Pulau Buru tersebut.

"Pembicaraan lebih serius terjadi beberapa bulan lalu ketika kami selesai memproduksi Comic 8: Casino Kings," kata Anggy.

Namun, saat ini lanjut dia, proyek tersebut masih dalam tahap awal pengembangan. "Belum tahu ke depannya seperti apa. Produksinya belum ditentukan kapan dan pemain-pemainnya juga belum diputuskan siapa," tuturnya lagi.

Diakui Anggy, Bumi Manusia memiliki proses dan tantangannya sendiri. "Sejauh ini tantangan yang ada masih di seputar substansi cerita yang harus teradaptasi secara baik dan tepat ke dalam skenario untuk dijadikan film," ujarnya.

Untuk diketahui, pada 2004 lalu, sutradara Garin Nugroho dan penulis skenario Jujur Prananto dikabarkan bakal menggarap novel Bumi Manusia ke layar lebar. Terakhir, produser Mira Lesmana juga sempat disebut-sebut tertarik mengadaptasi novel itu ke film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com