AMI Awards 2015 Hapus Kategori Musik Country

Kompas.com - 21/09/2015, 21:29 WIB
Anugerah Musik Indonesia ISTAnugerah Musik Indonesia
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Malam puncak ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards akan digelar untuk kali ke-18. Meski begitu, dalam gelaran kali ini, kategori musik country dihapus karena minimnya partisipasi dari artis musik jenis tersebut.

"Untuk tahun ini tidak ada penambahan nominasi, tetapi malah ada pengurangan. Pengurangan tersebut dilakukan untuk kategori musik country," kata Board of Director AMI Awards Seno M Hardjo dalam wawancara seusai jumpa pers Malam Puncak AMI Awards, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (21/9/2015).

Setiap tahun, AMI Awards membuat pendaftaran terbuka bagi para musisi untuk mendaftarkan karya mereka yang akan dinilai melalui sistem voting oleh 200 anggota penilai yang terdiri dari orang-orang yang berkecimpung di dunia musik. Untuk kategori country, biasanya hanya ada artis musik dan anggota DPR, Tantowi Yahya, yang mendaftar.

Latar belakang tersebut memaksa panitia untuk mengeliminasi kategori yang sudah ada dalam ajang-ajang AMI Awards sebelumnya.

"Jadi untuk kategori country, cuma ada Tantowi Yahya yang daftar. Padahal, tiap-tiap kategori minimal harus ada empat nama nomine," tutur Seno.

Meski kategori musik country sepi peminat dan akhirnya dihapus, peningkatan justru terjadi pada kategori keroncong dan lagu anak-anak.

"Saya sangat kaget dengan lagu anak-anak yang ikut serta. Ternyata tahun ini banyak produser yang mau memproduksi album anak-anak. Biasanya enam album aja susah, tetapi tahun ini yang daftar mencapai 30 (album). Kemudian, entry dari musik keroncong sendiri jumlahnya belasan," ujar Seno.

"Untuk total entry semua kategori tahun ini ada 600 single dan 250 album," imbuhnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X