Hati Tulus Remuk pada Malam Penghargaan AMI Awards 2015

Kompas.com - 22/09/2015, 22:53 WIB
Vokalis bersuara merdu sekaligus pencipta lagu Muhammad Tulus Rusydi menggelar konser tunggal yang bertajuk Gajah di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (2/12/2014) malam. Tulus menyanyikan lagu-lagu dari album Tulus (2013) dan Gajah (2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAVokalis bersuara merdu sekaligus pencipta lagu Muhammad Tulus Rusydi menggelar konser tunggal yang bertajuk Gajah di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (2/12/2014) malam. Tulus menyanyikan lagu-lagu dari album Tulus (2013) dan Gajah (2014).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Vokalis bersuara merdu, Tulus, merasa hatinya telah remuk kendati lagu "Jangan Cintai Aku Apa Adanya" yang dinyanyikannya meraih penghargaan Karya Produksi Terbaik versi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2015.

"Malam ini, hati saya remuk karena seekor gajah jinak di Taman Nasional Bukit Barisan, Yongki, mati diracun, dan gadingnya diambil. Tolong jangan sakiti karena gajah juga ciptaan Tuhan," kata seorang perwakilan membacakan sebuah pesan tertulis dari Tulus saat menerima trofi AMI Awards di Ecovention Park, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (22/9/2015) malam.

Tulus mengaku memiliki kedekatan emosional dengan Yongki. "Gajah ini telah membantu saya dalam pembuatan video musik," ungkap pelantun lagu "Gajah" tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, kematian Yongki pada Jumat (18/9/2015), yang dibunuh dan diambil gadingnya oleh pencuri, merupakan pukulan bagi upaya konservasi satwa di Lampung. Bagaimana tidak, Yongki adalah salah satu pahlawan yang kerap mencegah jatuhnya korban manusia atau gajah saat terjadi konflik antara gajah dan manusia.

Yongki adalah seekor gajah jinak berumur 35 tahun yang tinggal di Posko Pemantauan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Wilayah Pemerihan, Lampung Barat. Di posko tersebut, ada pula 2 gajah jantan, Karnangin dan Renggo; 2 gajah jantan anakan, Tomi dan Sampot; serta 1 gajah betina, Arni.

Jumat sekitar pukul 04.00, posko itu disatroni pencuri. Tanpa belas kasihan, pencuri membunuh Yongki dan mencabut gadingnya.

Kematian Yongki meninggalkan kesedihan bagi banyak kalangan, termasuk petugas jaga yang tinggal sekitar 200 meter dari posko. Berita kematian Yongki pun segera tersebar. Tagar #RIPYongki langsung merebak di dunia maya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X