Kata Erwin Gutawa, Program DARR Hanya Karpet Merah

Kompas.com - 30/09/2015, 17:25 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sukses mengorbitkan 13 anak berbakat di bidang musik lewat program Di Atas Rata Rata (DARR) dua tahun lalu, pemusik Erwin Gutawa (53) bersama putrinya, penyanyi dan pencipta lagu Gita Gutawa (22), tahun ini mengedepankan tujuh anak DARR generasi kedua. Erwin menyebut proyek musiknya itu hanya merupakan karpet merah bagi 20 anak tersebut untuk melangkah masuk ke industri musik.

"Saya istilahnya hanya memberikan karpet merah ke mereka buat eksplor kemampuan bermusik mereka," jelasnya kepada para wartawan sesudah jumpa pers peluncuran album Di Atas Rata Rata (DARR) 2 di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2015) malam.

Erwin mengatakan, pada satu waktu nantinya mereka akan dilepas ke industri musik Tanah Air, yang ia sebut bagai hutan belantara. Namun, ia percaya, kualitas bermusik yang baik bisa menjadi dasar bagi anak-anak itu untuk berkarya dengan baik. Oleh karena itu, ia dan Gita mendidik anak-anak tersebut melalui proses panjang, dari audisi, workshop (loka karya), penguatan karakter, pemilihan lagu, hingga rekaman.

"Jadi, ini bukan proses terburu-buru. Audisi sejak setahun lalu. Anak-anak ditanamkan berbuat sesuatu itu ada prosesnya. Enggak instan. Perlu pembekalan, di studio manner-nya gimana, cara berhadapan dengan musisi lain dan publik, terus bagaimana berkelompok," jelasnya lagi.

Memang, diakui oleh Erwin, tak gampang mengantar anak-anak itu ke industri musik. Ia juga bangga, anak didiknya dari DARR pertama yang bernama Noni Dju kini sedang belajar menjadi pencipta lagu dan penata musik. Satu lagu ciptaan Noni, "Ha Ha Ha", masuk album DARR 2.

"Yang paling susah memang abis albumnya. Tapi, ngomong industri, tak cuma kualitas. Saya bermimpi lima atau 10 tahun lagi, saya akan bisa kerja sama lagi bersama mereka dengan obrolan yang sangat musikal, karena kadang musisi sekarang istilah 'bar' aja enggak tahu, dikira meja. Mudah-mudahan ini jadi memori yang melekat buat mereka agar serius berkarya," tuturnya.

Erwin berharap tujuh anak DARR generasi kedua bisa mengikuti jejak bahkan lebih baik dari 13 anak DARR generasi petama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.