Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Y Tungka Wariskan Perpustakaan Mini Miliknya

Kompas.com - 12/10/2015, 21:44 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan pembawa acara Ramon Y Tungka (29) berpendapat, buku merupakan salah satu modal masa depan. Karena itu, pemain film Catatan Akhir Sekolah ini memilih untuk mewariskan perpustakaan mini kepada putranya, Ganesa Tashi Tungka (2).

"Saya wariskan anak itu (dengan) buku. Saya punya perpustakaan kecil di rumah. Semua jenis buku ada," kata Ramon usai jumpa pers film Romansa: Gending Cinta di Tanah Turki yang diproduseri Tity Hatta, di Hotel Santika TMII, Jakarta Timur, Minggu (11/10/2015).

Lanjut Ramon, wawasan anaknya akan lebih luas dengan membaca buku. "Saya sih terserah anak saya mau apa. Misalnya dia suka seni, nah saya punya bukunya. Atau mau jadi olahragawan, saya juga punya bukunya. Ya gimana cara kami membimbing saja," tutur suami Puteri Indonesia 2009, Qory Sandioriva itu.

Selain menanamkan kebiasaan membaca, Ramon juga mengenalkan sang anak dengan keragaman budaya daerah. Misalnya, bahasa Jawa. 

"Anak saya bisa medok Jawa lho. Saya pernah nanya, 'Mau minum susu?' Dia jawab 'Iya'. Yes, saya seneng. Karena saya orang Jawa, bangga. Saya kan ngomong ke keluarga pakai bahasa Jawa. Artinya unsur kedaerahan itu enggak hilang," tuturnya sambil tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com