Ramon Y Tungka Wariskan Perpustakaan Mini Miliknya

Kompas.com - 12/10/2015, 21:44 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan pembawa acara Ramon Y Tungka (29) berpendapat, buku merupakan salah satu modal masa depan. Karena itu, pemain film Catatan Akhir Sekolah ini memilih untuk mewariskan perpustakaan mini kepada putranya, Ganesa Tashi Tungka (2).

"Saya wariskan anak itu (dengan) buku. Saya punya perpustakaan kecil di rumah. Semua jenis buku ada," kata Ramon usai jumpa pers film Romansa: Gending Cinta di Tanah Turki yang diproduseri Tity Hatta, di Hotel Santika TMII, Jakarta Timur, Minggu (11/10/2015).

Lanjut Ramon, wawasan anaknya akan lebih luas dengan membaca buku. "Saya sih terserah anak saya mau apa. Misalnya dia suka seni, nah saya punya bukunya. Atau mau jadi olahragawan, saya juga punya bukunya. Ya gimana cara kami membimbing saja," tutur suami Puteri Indonesia 2009, Qory Sandioriva itu.

Selain menanamkan kebiasaan membaca, Ramon juga mengenalkan sang anak dengan keragaman budaya daerah. Misalnya, bahasa Jawa. 

"Anak saya bisa medok Jawa lho. Saya pernah nanya, 'Mau minum susu?' Dia jawab 'Iya'. Yes, saya seneng. Karena saya orang Jawa, bangga. Saya kan ngomong ke keluarga pakai bahasa Jawa. Artinya unsur kedaerahan itu enggak hilang," tuturnya sambil tersenyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.