Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa film "A Copy of My Mind" Peroleh Nominasi FFI 2015 Terbanyak?

Kompas.com - 13/11/2015, 17:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Film A Copy of My Mind yang disutradarai Joko Anwar masuk dalam tujuh nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Dengan kata lain, film ini memperoleh nominasi terbanyak.

Ketua Dewan Juri FFI 2015, Jajang C Noer, mengungkap alasan mengapa film yang dibintangi artis peran Chicco Jerikho dan Tara Basro itu bisa mendominasi 21 kategori.

"Karena filmnya is good, well made kok," kata Jajang usai pengumuman nominasi FFI 2015 di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2015) malam.

Ia mengakui, film A Copy of My Mind ini belum diputar di Indonesia dan tayang pertama kali dalam festival film internasional.

Tetapi, lanjut Jajang, bukan berarti film itu menjadi tak layak seleksi, sebab film yang diseleksi FFI syaratnya adalah selain sudah dirilis di bioskop Tanah Air juga pernah ditayangkan di festival.

"Film A copy of My Mind sangat diapresiasi di festival luar negeri. Kenapa di Indonesia tidak kita apresiasi. Kita kan menilai bukan berdasarkan film yang sudah tayang di Indonesia. Tapi berdasarkan film yang lulus sensor," tuturnya.

"Entah nantinya diputar atau tidak di Indonesia yang penting film ini well made. Faktanya seperti itu, yang dipilih oleh 75 juri kemarin untuk pemilihan nominasi. Semua sudah benar, sudah aman," tambah Jajang.

A Copy of My Mind berhasil masuk ke dalam Nominasi Penata Musik Terbaik (Rooftop Sound), Nominasi Penata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa), Nominasi Pengarah Sinematografi Terbaik (Ical Tanjung), Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Paul Agusta).

Lalu, Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik (Tara Basro), Nominasi Sutradara Terbaik (Joko Anwar) dan Nominasi Film Terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com