Ini Alasan Film Horor dan "Thriller" Tak Masuk Nominasi FFI 2015

Kompas.com - 17/11/2015, 20:40 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Festival Film Indonesia (FFI) telah mengumumkan 21 kategori penghargaan yang bakal diperebutkan pada tahun ini. Namun, tak satu pun film bergenre horor dan thriller yang masuk nominasi. Mengapa?

"Saya rasa tahun ini jurinya punya pendapat yang berbeda bahwa mungkin walaupun ada film horor yang masuk didaftarkan, tapi tidak mendapatkan nominasi," kata Ketua Panitia FFI 2015 Olga Lydia (38) dalam wawancara di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015) sore.

Ia menegaskan bahwa bukan berarti film horor atau thriller dianaktirikan. Kata pemain film Ekskul tersebut, film bergenre horor dan thriller yang didaftarkan ke FFI tahun ini sangat sedikit sehingga juri tak memiliki banyak pilihan. Sementara itu, film-film yang didaftarkan agaknya tak sesuai dengan kriteria para juri.

"Yang saya lihat ada tujuh yang masuk daftar, tapi saya enggak perhatiin filmnya yang mana aja. Tapi kayaknya secara industri juga berkurang ya. Jadi ya berkurang juga yang daftar. Dan, memang kebetulan kali ini belum ada yang berhasil meraih nominasi," kata Olga.

"Enggak ada seorang pun yang bisa mengutak-atik hasil penjurian. Pasti akan ada yang ketahuan kalau ada yang kasak-kusuk. Kami serahkan kepada juri," kata dia.

Sejauh ini sudah ada 278 film yang bakal bersaing dalam FFI 2015. Di antaranya ada 61 judul film panjang dan selebihnya adalah film pendek dan dokumenter.

Adapun malam puncak FFI bakal digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 23 November 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.