Andy "/rif" Kampanye Peduli HIV/AIDS Lewat Musik

Kompas.com - 02/12/2015, 14:54 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Andy "/rif" gembira dapat terlibat dalam konser amal #LoveMantra yang mengampanyekan peduli HIV/AIDS. Dengan begitu, ia dan rekan segrupnya dapat mengingatkan orang untuk lebih berhati-hati terhadap virus HIV.

"Kami senang ikut ambil bagian di sini. Ya sebagai musisi yang bisa kami lakukan adalah mengingatkan masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dan peduli terhadap AIDS," kata Andy dalam wawancara di sela konser #LoveMantra, di Hard Rock Cafe, Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015) malam.

Menurut lelaki bernama lengkap Restu Triandy itu, musik bisa menjadi sarana efektif menyampaikan pesan positif.

"Setiap band pasti punya fans. Ketika fans mereka mendengar apa yang idola mereka nyanyikan, itu akan nempel di kepala mereka. Jadi, kami harus pintar nulis lagu. Itu yang bisa kami lakukan. Berkampanye untuk hal seperti ini lewat lagu karena musik bisa jadi media yang efektif untuk mengampanyekan hal seperti ini," tutur Andy.

Andy mengatakan bahwa /rif juga memiliki lagu berjudul "HIV" dalam album Salami (1997) yang dicipta untuk mengingatkan akan bahaya HIV/AIDS.

"Dari album kedua /rif kami sudah menulis satu lagu yang berjudul 'HIV' yang bercerita tentang penderitaan seseorang yang terkena virus HIV. Jadi, ini sebagai pengingat agar virus ini jangan sampai mejalar lebih jauh karena sudah banyak korban yang terkena. Itu mengingatkan juga bahwa jangan jauhi orang yang kena, tapi jauhi virusnya dan penyakitnya," ujarnya berpesan.

"Orang yang kena ya kita rangkul layaknya manusia biasa, jangan dijauhi," imbuh Andy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.