Bens Leo: Joey Alexander Titisan Indra Lesmana

Kompas.com - 10/12/2015, 17:45 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat musik, Bens Leo (63), menyebut pianis jazz belia dari Indonesia, Joey Alexander (12), yang meraih dua nominasi dalam Grammy Awards 2016, sebagai titisan musisi kawakan, Indra Lesmana.

"Kalau saya secara pribadi mengamati, Joey adalah titisan dari Indra Lesmana," kata Bens kepada wartawan saat konferensi pers Anugerah Dangdut 2015 di MNC Tower, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015) sore.

Bens mengamati kemiripan dua pianis beda generasi tersebut dari sisi perjalanan karier. Pertama, Indra mulai berkarya dengan mencipta lagu sejak umur delapan tahun. Lalu, Indra dan Joey sama-sama memainkan piano dengan aliran musik jazz.

Yang terpenting, kata Bens, Indra merupakan mentor yang membimbing Joey dalam mengembangkan bakatnya pada 2011 lalu.

"Indra Lesmana juga mendapatkan beasiswa ke Australia saat berusia 12 tahun. Ya sama persislah dengan Joey," katanya.

Joey pernah diundang UNESCO untuk memainkan piano solo pada Desember 2011. Kemudian, ia juga pernah memenangi grand prize dalam the 1st International Festival Contest of Jazz Improvisation di Odessa, Ukraina.

Nama Joey masuk dalam dua kategori Grammy Awards 2016, yaitu Best Jazz Instrumental Album untuk album solo debutnya, My Favorite Things (2015), dan Best Improvised Jazz Solo untuk lagu berjudul "Giant Steps" dari album tersebut.

Grammy Awards 2016 akan diselenggarakan pada 15 Februari 2016 di Staples Center, Los Angeles, California, AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.