Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bens Leo: Joey Alexander Titisan Indra Lesmana

Kompas.com - 10/12/2015, 17:45 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat musik, Bens Leo (63), menyebut pianis jazz belia dari Indonesia, Joey Alexander (12), yang meraih dua nominasi dalam Grammy Awards 2016, sebagai titisan musisi kawakan, Indra Lesmana.

"Kalau saya secara pribadi mengamati, Joey adalah titisan dari Indra Lesmana," kata Bens kepada wartawan saat konferensi pers Anugerah Dangdut 2015 di MNC Tower, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015) sore.

Bens mengamati kemiripan dua pianis beda generasi tersebut dari sisi perjalanan karier. Pertama, Indra mulai berkarya dengan mencipta lagu sejak umur delapan tahun. Lalu, Indra dan Joey sama-sama memainkan piano dengan aliran musik jazz.

Yang terpenting, kata Bens, Indra merupakan mentor yang membimbing Joey dalam mengembangkan bakatnya pada 2011 lalu.

"Indra Lesmana juga mendapatkan beasiswa ke Australia saat berusia 12 tahun. Ya sama persislah dengan Joey," katanya.

Joey pernah diundang UNESCO untuk memainkan piano solo pada Desember 2011. Kemudian, ia juga pernah memenangi grand prize dalam the 1st International Festival Contest of Jazz Improvisation di Odessa, Ukraina.

Nama Joey masuk dalam dua kategori Grammy Awards 2016, yaitu Best Jazz Instrumental Album untuk album solo debutnya, My Favorite Things (2015), dan Best Improvised Jazz Solo untuk lagu berjudul "Giant Steps" dari album tersebut.

Grammy Awards 2016 akan diselenggarakan pada 15 Februari 2016 di Staples Center, Los Angeles, California, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com