Joey Alexander: Saya Tak Pernah Berencana untuk Membuat Improvisasi

Kompas.com - 04/01/2016, 16:03 WIB
|
EditorAti Kamil

LOS ANGELES, KOMPAS.com – Pianis muda dari Bali, Joey Alexander (12), mengungkapkan, ia tidak pernah berencana membuat improvisasi pada lagu yang ia mainkan di panggung.

Hal itu ia ungkapkan kepada Anderson Cooper dalam acara 60 Minutes, yang ditayangkan oleh televisi AS ABC pada Minggu (3/1/2016) waktu Los Angeles, California, AS.

"Ketika saya berada di panggung, saya tidak pernah berencana sebelumnya seperti, 'Oh, saya akan melakukan hal ini nanti'. Tentu saja saya memiliki konsep tentang apa yang akan saya lakukan, tetapi saya tidak pernah benar-benar merencanakannya," tutur Joey.

"Jadi, improvisasi akan berbeda setiap kali tampil dan bagi saya itu hal yang sulit," imbuhnya.

Meski begitu, Joey terlihat mudah berimprovisasi untuk sebuah lagu.

Dalam 60 Minutes, pemusik jazz kenamaan dari AS, Wynton Marsalis, memainkan sebuah lagu berjudul "Just a Closer Walk with Thee" dan membiarkan Joey membuat improvisasi pada lagu tersebut.

"Saya tidak pernah mendengar seseorang bermain seperti dia. Lihatlah bagaimana ia berimprovisasi. Seorang anak berusia 12 tahun melakukan improvisasi seperti itu. Tidak pernah ada orang yang mendengar seseorang bermain seperti ia," ujar Marsalis.

"Dia jenius," imbuhnya.

Menurut Marsalis, tak ada yang bisa menjelaskan dari mana kemampuan dan juga bakat seorang Joey dalam berimprovisasi untuk sebuah lagu dengan menggunakan pianonya.

"Saya pernah bertanya kepada Miles Davis mengenai sound yang ia hasilkan. Ia menjawab tidak tahu dan mengatakan bahwa tak ada seorang pun yang tahu mengenai sound," kata Marsalis.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.