Untuk Usmar Ismail Award 2016, Insan Film Tak Perlu Daftarkan Karya

Kompas.com - 15/01/2016, 20:59 WIB
Konferensi pers Usmar Ismail Award 2016 di gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2016) sore. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGKonferensi pers Usmar Ismail Award 2016 di gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2016) sore.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketua Penyelenggara Usmar Ismail Award 2016, Adisurya Abdy, mengatakan bahwa insan film Indonesia tak perlu mendaftarkan karya-karya layar lebarnya agar bisa dinilai dalam ajang penghargaan perfilman tersebut.

"Usmar Ismail Award tidak buka pendaftaran," kata Adisurya dalam konferensi pers di gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2016) sore.

Adisurnya menjelaskan, dewan juri akan menilai semua film Indonesia yang sudah beredar di gedung bioskop Tanah Air. Syaratnya, film-film itu sudah tayang sejak Desember 2014 hingga Februari 2016.

"Kalau misalnya festival film lain membuka pendaftaran peserta. Tetapi kami tidak. Cuma menilai film yang sudah beredar," tuturnya.

Adapun dewan juri Usmar Ismail Award 2016 berasal dari para pewarta film yang akan ditentukan berdasarkan pengalaman dan kualitasnya.

"Pewarta film minimal pasti sudah nonton 70 persen dari film Indonesia yang beredar. Pasti mereka menjadi bagian dari premier film, soal bagaimana kalau ada film yang belum mereka nonton dan harus dinilai, kami ada mekanisme," ucapnya.

Usmar Ismail Award 2016 yang diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail dan Forum Pewarta Film ini akan digelar pada Sabtu 2 April 2016 dan disiarkan salah satu stasiun televisi. Rencananya, malam penganugerahan penghargaan bakal digelar di Istana Bogor, Jawa Barat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.