Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penulis "To Kill a Mockingbird", Harper Lee Meninggal Dunia

Kompas.com - 20/02/2016, 16:20 WIB

KOMPAS.com -- Harper Lee, penulis buku sastra klasik terkenal "To Kill a Mockingbird" meninggal dunia pada usia 89 tahun, Jumat (19/2/2016) waktu setempat. Penulis asal Amerika Serikat itu meninggal dalam tidurnya.

Sebuah pernyataan dari Tonja Carter, pengacara Lee di kota kelahirannya di Monroeville, Alabama, mengatakan bahwa kematian Lee tak terduga.

Seperti dikutip dari Reuters, pemakaman Lee akan dilakukan secara tertutup. Namun, hingga kini belum diumumkan tanggalnya.

Penulis yang memiliki nama lengkap Nelle Harper Lee itu menerbikan buku "To Kill a Mockingbird" pada 1960. Karya inilah yang mengantarkannya meraih Hadiah Pulitzer pada tahun 1961 untuk karya fiksi. 

"Anda tidak pernah benar-benar bisa memahami seseorang sampai Anda mempertimbangkan hal-hal dari sudut pandangnya.." merupakan kutipan terkenal dari buku fenomenal tersebut.

Pada Juli tahun  2015, Lee baru saja merilis buku "Go Set a Watchman" yang bercerita tentang Scout Finch sang penutur dalam "To Kill A Mockingbird", sebagai orang dewasa dan meliputi versi dari banyak karakter dalam "To Kill a Mockingbird".

"Go Set a Watchman" selesai ditulis Lee dua tahun sebelum buku "To Kill a Mockingbird" diterbitkan. Tetapi, atas saran editornya, buku tersebut disisihkan untuk menceritakan kisah ras di Selatan dari sudut pandang anak pada tahun 1930-an.

Selama hidupnya, Lee disebut sebagai seorang wanita pemalu yang tidak pernah menikah, memilih hidup tenang dan menyendiri. Ia selalu menolak permintaan wawancara.

Perempuan kelahiran 28 April 1926 itu berpindah-pindah tempat tinggal antara tinggal di apartemen di New York dan Monroeville, di mana dia berbagi rumah dengan kakaknya, pengacara Alice Lee.

Setelah menderita stroke dan serta mengalami gangguang penglihatan dan pendengaran, dia menghabiskan tahun terakhirnya di sebuah rumah perawatan di Monroeville.

"Ketika saya melihat dia hanya enam minggu yang lalu, gairah hidupnya masih tinggi, pikiran dan kecerdasannya masih setajam sebelumnya," ujar agennya, Andrew Nurnberg dalam sebuah pernyataan. 

Versi film "To Kill a Mockingbird" memenangi Academy Award untuk film terbaik pada 1963 sementara Gregory Peck, yang bermain Atticus dan akhirnya menjadi teman baik Lee, dinobatkan sebagai aktor terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com