Marcell Siahaan Ingatkan Anak Muda untuk Gali Akar Musik

Kompas.com - 24/02/2016, 10:12 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis dan pemain drum Marcell Siahaan (38) mengingatkan bahwa anak muda Indonesia sebaiknya tetap menggali sampai ke akar musik, setelah mereka mendapat referensi musik dengan bantuan teknologi internet.

"Di Indonesia sekarang banyak anak muda dengan mudah mendapatkan referensi musik dengan adanya YouTube, layanan streaming musik, dan sebagainya. Mereka bisa cari musik yang lama sampai yang baru di situ," kata Marcell beberapa waktu lalu.

"Genre-genre musik yang ada sekarang kan pasti ada roots-nya, ada akarnya. Nah, tugas saya ya untuk ngingetin anak-anak muda untuk tidak hanya banyak referensi saja, tetapi juga untuk menggali akar referensi musik mereka itu," katanya lagi.

Marcell memberi contoh, para penyuka musik Seringai dan Ghost harus paham apa akar musik yang menjadi referensi band-band tersebut.

"Seringai banyak terpengaruh oleh Motorhead, Black Sabbath. Nah, para penggemar harus tahu band-band itu juga," ucapnya.

"Atau, kayak band Ghost yang baru menang Grammy, yang suka musik mereka juga harus tahu referensi musik mereka apa," ujarnya.

"Misal untuk punk rock, ya jangan tahunya Blink 182 aja, harus gali akar-akarnya," sambungnya.

Dengan mengetahui akar musik, menurut Marcell, anak muda, terutama yang menjadi pemain musik, bisa mengembangkan akar musik itu dengan cita rasa dan keinginan mereka.

"Jadi, enggak hanya terjadi pengulangan aja. Pengulangan tetap ada, tapi harus dengan elegan dan kreatif menggabungkan beberapa referensi musik menjadi sebuah hal yang baru," ucapnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.