Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Java Jazz Minta Bantuan Dubes AS Bujuk Sting?

Kompas.com - 02/03/2016, 21:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Demi membujuk beberapa musisi mancanegara untuk tampil dalam Java Jazz Festival (JJF) 2016, CEO Java Festival Production Peter Gontha mengaku meminta bantuan Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake.

Pasalnya, pasca-peristiwa bom di Thamrin, Jakarta Pusat, 14 Januari 2016 lalu, beberapa musisi asing yang dijadwalkan tampil dalam JJF tahun ini menjadi khawatir berangkat ke Indonesia.

"Banyak yang enggak mau datang. Duta Besar Amerika bahkan nelepon artis-artis itu bahwa Indonesia aman," tutur Peter dalam konferensi pers JJF 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (2/3/2016).

"Robert Blake, terima kasih telah bersedia telepon artis-artis itu untuk datang ke Indonesia," tambahnya.

Tak cuma itu, Peter bersama tim penyelenggara Java Jazz Festival juga mencoba menjelaskan kepada para artis luar tersebut bahwa tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kondisi keamanan Indonesia, terutama di Jakarta.

"Akhirnya, kami tulis surat ke salah seorang manajer (musisi asing). Saya bilang, 'Saya mengerti kalau kalian takut. Akan tetapi, saya mau usul, kalau bisa jangan ke Paris, Spanyol, Jepang. Di sana juga enggak aman, banyak masalah," kata dia.

"'Kalau kalian takut ke Indonesia, di Amerika juga hampir tiap hari ada tembak-menembak di sekolah. Jadi, sebaiknya kalian tinggal di rumah dan pesan makanan siap saji,'" imbuh Peter.

Presiden Direktur Java Festival Production Dewi Gontha pun mengamini pernyataan ayahnya itu. 

"Pas persiapan, ada sebuah insiden di Jakarta yang menyebabkan beberapa artis khawatir. Namun, kami menghadap untuk meminta dukungan pengamanan. Artis itu akhirnya kembali setuju. Dia akan jadi datang," ucap Dewi.

Diberitakan sebelumnya, vokalis asal Inggris, Sting (64), sempat dikabarkan tak jadi tampil pada pergelaran Java Jazz Festival 2016 tak lama setelah pengeboman di kawasan Thamrin.

Lalu, apakah Sting termasuk artis yang juga dibujuk oleh Blake? Yang pasti, pemain bas dan vokalis band The Police itu akan menjadi salah satu penampil dalam perhelatan yang akan digelar di JIExpo Kemayoran pada 4, 5, dan 6 Maret 2016.

"It is happening!!! ????RT @saras_wati_: Oom @PeterGontha and @Dgontha please make it happen @OfficialSting been waiting for since 2012," tulis Dewi pada akun Twitter @DGontha, Rabu (27/1/2016).

Dalam situs resmi javajazzfestival.com, nama Sting juga telah masuk daftar artis musik mancanegara yang sudah mengonfirmasi akan tampil dalam Java Jazz. Tak sendiri, Sting bakal berkolaborasi dengan pemain trompet asal AS, Chris Botti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com